Ratna: Pembentukan Kesetaraan Gender Dimulai dari Keluarga

 

KPPPA diskusi bahas kesetaraan gender. (Foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA – Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) Ratna Susianawati mengatakan, pembentukan kesetaraan gender dimulai dari dalam keluarga.

Menurutnya, bicara gender perlu disepakati bahwa gender bukan perempuan. Gender itu relasi bagaimana kita berbagi peran, tugas dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan.

“Dalam proses pembangunan, yang namanya laki-laki dan perempuan itu sama. Lalu dari mana kita memulai kesetaraan gender itu? Ya, dari keluarga, pendidikan dan masyarakat,” katanya saat diskusi dengan tema “Kesetaraan Gender : Perlu Sinergi Antarkementerian, Daerah dan Masyarakat,” di gedung KPPPA, Jakarta, Jumat (23/2).

Ia menjelaskan, kesetaraan gender adalah strategi yang dikeluarkan pemerintah untuk bisa meminimalisir terjadinya kesenjangan dari maraknya kasus kejahatan seksual pada perempuan akhir-akhir ini. Untuk mencegah terjadinya kekerasan, mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dibutuhkan keterlibatan dari semua pihak.

Ia memaparkan, kesetaraan gender dapat dilihat dari empat aspek, yaitu akses, partisipasi, kontrol (pengambilan keputusan), manfaat. Untuk memberikan pemahaman agar tercapai empat aspek tersebut diperukan kerja sama antarkementerian, daerah dan masyarakat.

“Kita ingin memastikan dalam hal akses, kita diberikan ruang yang sama sebagai Sumber Daya Manusia baik laki-laki, perempuan, lansia, penyandang disabilitas dan unsur masyarakat lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kesetaraan gender juga memastikan seberapa besar mereka partisipasi dalam pembangunan yang dampaknya luar biasa terhadap perempuan.

“Sebanyak 49,9 persen penduduk Indonesia adalah perempuan, ketika segmen masyarakat ini (perempuan) tertinggal, dampaknya perempuan yang menjadi korban,” tambahnya. (L/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.