RI-Yordania Sepakat Dorong Kerja Sama untuk Perjuangan Palestina

Amman, MINA – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi menyampaikan, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Yordania dalam upaya membantu .

“Yordania merupakan salah satu negara yang telah banyak membantu Palestina termasuk bagi para pengungsi Palestina. Indonesia dan Yordania sepakat untuk terus dorong kordinasi dan kerja sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” ucap Menlu setelah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi di Amman, Yordania, Selasa (5/3).

Dalam kunjungannya yang keempat ke Yordania tersebut, Menlu membahas secara khusus situasi Palestina. Dalam keterangan tertulisnya ia menyampaikan berbagai langkah yang dilakukan Indonesia dalam upaya untuk membantu perjuangan rakyat Palestina, baik secara politis maupun ekonomi, seperti memberikan tarif nol persen untuk beberapa produk ekspor Palestina ke Indonesia, memberikan bantuan keuangan dan peningkatan kapasitas.

Menlu Retno juga mengatakan pelaksanaan Palestina Week di Jakarta dan Bandung pada Oktober 2018, menunjukan dukungan kuat masyarakat Indonesia terhadap perjuangan Palestina.

Lebih lanjut menyampaikan bahwa kunjungannya yang sangat singkat di Amman, yang kurang dari 12 jam, fokus untuk kegiatan terkait dengan perjuangan Palestina. Sebelum bertemu dengan , Menlu RI telah membuka “Pelatihan Internasional bagi Para Pelatih mengenai Perencanaan Usaha bagi kaum Perempuan di Tempat Pengungsian”.

Selain itu, telah dilaksanakan penandatangan LOI antara Indonesia dan Palestina mengenai pemberian bantuan kemanusiaan untuk Palestina terkait pengadaan desalinasi air dan obat obatan serta peralatan kesehatan.

Menlu RI juga bertemu dengan Komisioner Jenderal UNRWA, untuk menandatangani MoU mengenai distribusi kontribusi kemanusiaan Indonesia bagi pengungsi Palestina ex-Gazan di Jerash Camp Yordania, sebesar 1 juta dolar Amerika serta melakukan kunjungan ke tempat penampungan pengungsi New Amman Camp. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.