Riyadh Tuan Rumah Forum Antar Agama G20

Riyadh, MINA – Ibu kota Arab Saudi, Riyadh, dijadwalkan menjadi tuan rumah tahunan Forum Antar Agama G20 (Antar Tujuh Agama), dimulai pada 13 Oktober, Saudi Press Agency melaporkan, Senin (5/10).

Acara lima hari akan mempertemukan lebih dari 500 pemimpin, pakar, dan perwakilan dari lembaga agama dan kebijakan global utama dunia, selain tokoh agama tingkat tinggi.

Forum ini didasarkan pada kemitraan sejumlah masyarakat sipil, organisasi pemerintah, organisasi non-pemerintah, lembaga kemanusiaan, lembaga agama, inisiatif sosial, dan lembaga akademik serta pengambil keputusan terkait dengan organisasi pembangunan.

Forum tersebut berupaya meningkatkan kesadaran akan peran organisasi keagamaan dalam mengimplementasikan jadwal PBB untuk pembangunan berkelanjutan 2030 yang mengakomodasi 17 tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tahun ini, forum ini diharapkan dapat membahas beberapa masalah kemanusiaan dan pembangunan yang paling mendesak di dunia seperti pandemi COVID-19, kemiskinan, migrasi, konflik, kesetaraan gender, dan perubahan iklim.

Forum ini juga memastikan bahwa suara religius merupakan mitra integral dalam upaya bantuan global.

Diskusi ini berkontribusi pada KTT Pemimpin G20 tahunan, yang merupakan forum utama untuk kerja sama ekonomi internasional. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)