Russia-Ukraina Akan Gelar Pembicaraan Putaran Ketiga

Podolyak, salah satu Perunding Ukraina, foto: Twitter

Kiev, MINA – Pembicaraan putaran ketiga antara delegasi Ukraina dan Rusia akan dimulai pada Senin (7/3) pukul 16:00 waktu Kiev (14:00 GMT), kata Podolyak, salah satu perunding.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, kedua belah pihak menyetujui rencana tentatif membuka koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil selama pembicaraan putaran kedua, yang diadakan Kamis (3/3).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba berencana untuk melakukan pertemuan di sela-sela forum diplomatik di resor Turki Antalya, menurut laporan kantor berita Rusia dan diplomat top Turki.

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan, keduanya telah setuju untuk bertemu dan ia juga akan menghadiri pertemuan tersebut.

Ankara, yang memiliki hubungan dekat dengan Moskow dan Kyiv, berulang kali mencoba memposisikan diri sebagai mediator antara kedua belah pihak.

Namun, Kyiv belum mengkonfirmasi Kuleba akan bertemu dengan Lavrov seperti yang dilaporkan.

Badan PPB untuk pengungsi, UNHCR mengatakan, serangan militer Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari telah memaksa 1,3 juta orang meninggalkan negara itu.

Perang di Ukraina pun kian panas. Hingga kini, PBB melaporkan 360 warga sipil tewas akibat gempuran Rusia, sementara layanan darurat Ukraina mengklaim korban tewas sudah mencapai 2.000 jiwa. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.