Samar Al-Ghou di Gaza Kembangkan Macrame Seni Kerajinan Arab Asli

Gaza, MINA – Samar Al-Ghoul, seorang insinyur dari Gaza berusia 36 tahun, secara berkala mengadakan pameran kerajinan tangan karya pemuda pemudi Gaza.

Samar, yang berspesialisasi dalam dekorasi dan desain interior,  sangat tertarik pada seni dan kerajinan, terutama seni macrame (kerajinan simpul benang), dan dia memiliki gerai macrame. Seperti dilaporkan Palestine Chronicle, Senin, (10/10)

Dia yang juga dosen di Universitas Al-Aqsa di Gaza, pernah saat kuliah di Mesir, pada 2016, menampilkan pameran yang menmpilkan tekstil berupa hiasan dinding dan dekorasi rumah.

Dia mulai menyukai tentang seni ini setelah mengetahui macrame telah menjadi seni Arab asli sejak zaman kuno. Namun, macrame sekarang lebih banyak diproduksi di luar negeri, yang mendorong Samar untuk menggali lebih dalam dan meneliti lebih lanjut.

Baca Juga:  JMSI Tolak RUU Penyiaran

Samar mulai menguasai seni macrame hingga ia mampu membuka gerai kecil di rumahnya pada tahun 2021. Ia juga memberikan pelajaran macrame kepada anak-anak muda di kotanya.

Seni macrame terdiri dari menenun benang melalui empat simpul dasar. Dibutuhkan banyak kesabaran karena beberapa potongan membutuhkan berhari-hari, terkadang sepakan penuh, untuk selesai dalam bentuk akhirnya.

“Pada awalnya, saya memasarkan produk saya melalui media sosial, tetapi saya merasa perlu membuka pameran yang didedikasikan untuk seni macrame,” kata Samar.

Pada tahun 2022 dia membuka pameran  yang bertajuk ‘Craft Studio’ di Gaza City.

“Mimpi saya adalah menadakan pameran permanen untuk semua proyek dan aula besar untuk mengadakan beberapa kursus,” lanjutnya. (T/RS2/P1)

Baca Juga:  Pernyataan Sikap Wahdah Islamiyah Atas Genosida Zionis Israel di Gaza

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf