Sebanyak 40 Sekolah Se-Pasbar Siap Berkompetisi Masuk IAIN Batusangkar

Tanah Datar, MINA  – Sebanyak 40 sekolah, baik SMA, MA, MAK dan SMK se-Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat siap berkompetisi untuk masuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Tanah Datar, Pasbar, tahun ajaran 2019.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Kasmuri mengatakan, IAIN Batusangkar menyediakan 2.400 kursi mahasiswa pada tahun 2019. Jumlah itu untuk tiga jalur masuk ke IAIN Batusangkar, dengan SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Jalur Masuk Mandiri.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2019 IAIN BAtusangkar Dr. Sirajul Munir pada Jumat (1/2) mengatakan, pihaknya beberapa hari lalu telah mengadakan sosialisasi untuk masuk IAIN Batusangkar melalui Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2019 di Pasbar.

“Kegiatan yang kita kemas dalam bentuk menyosialisasikan Ayoo Kuliah di IAIN Batusangkar dan kita sebagai penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi untuk memberikan informasi kepada siswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA, SMA, MAK dan SMK, seluas-luasnya Melalui kepala sekolah dan guru bimbingan konseling Se-Pasbar,” katanya.

Sosialisasi tersebut diikuti kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK) MA, SMA, MAK dan SMK, serta operator sekolah se-Pasbar. Sosialisasi dilakukan untuk membuka akses seluas-luasnya bagi semua kalangan, dalam mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi agama melalui berbagai program beasiswa, yang ada di IAIN Batusangkar.

Sirajul menjelaskan, beberapa keunggulan di IAIN Batusangkar, di antaranya: kampus asri dan nyaman, prodi terakreditasi A terbanyak di PTKIN Sumatera Barat, memiliki native speaker (Mesir), mempunyai mahasiswa luar negeri, PPL dan magang internasional dan integrasi keilmuan yang menghuni.

“Proses pendafataran jalur SPAN PTKIN Pengisian dan Verifikasi PDSS dimulai tanggal 23 Januari – 28 Februari 2019. Daftar program studi dan daya tampung SPAN PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id,” ujarnya.

Sementara proses pembukaan pendaftaran jalur UM PTKIN, pendaftaran di mulai tanggal 02-29 April 2019, Pelaksana Ujian tulis pada tanggal 28 Mei 2019, dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id. sementara itu jalur Mandi pendaftaran di mulai pada tanggal 10 juni 13 juli 2019, dan pelaksanaan ujian pada tanggal 16-18 juli 2019. dapat dilihat di laman http://www.pmb.iainbatusangkar.ac.id. (R/R10/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)