IAIN Batusangkar Juara I Debat Syariah Tingkat Nasional

Jakarta, MINA – Delegasi Fakultas Syariah IAIN Batusangkar, Sumatera Barat,  berhasil meraih Juara I di ajang Debat Syariah Tingkat Nasional PTKIN se-Indonesia dalam Sharia Event 2018 di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

IAIN Batusangkar menyabet Juara I Lomba Debat Syariah dengan mengusung tema Transformasi Nilai-Nilai Hukum Islam ke dalam Hukum Nasional disusul Juara II UIN Raden Intan Lampung dan Juara III diraih IAIN Jember.

Dengan menyabet Juara I, delegasi IAIN Batusangkar berhak mendapat uang pembinaan Rp5 juta dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, piala dan penghargaan dari Dekan Fakultas Syariah UIN Jakarta. Ajang ini diikuti puluhan tim dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se Indonesia.

Dikutip dari rilis Kemenag, Wakil Rektor III IAIN Batusangkar Rizal mengatakan, dalam lomba kompetisi Debat Ilmu Syariah dan Lomba Qira’at Al-Kutub, IAIN Batusangkar mengirimkan mahasiswa pilihan Fakultas Syariah yakni, Irwansyah dari Jurusan Ahwal Al-Syakhshiyyah, Juwita Sari dari Jurusan Hukum Tata Negara dan Widia Novita Sari dari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah.

“Ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu Kompetisi Debat Ilmu Hukum, Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Syariah dan Lomba Qira’at Al-Kutub,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sharia Event 2018 yang diadakan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini merupakan sebuah terobosan dalam meningkatkan kualitas SDM mahasiswa dengan menguji kemampauan antar mahasiswa PTKIN se-Indonesia dalam bidang ilmu syariah.

Rektor IAIN Batusangkar H.Kamuri, mengapresiasi semua pihak yang mendukung Tim Debat IAIN Batusangkar.

“Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh civitas akademika terutama pimpinan di Fakultas Syraiah, yang telah berpartisipasi aktif dalam mensupport mahasiswa kita dengan hasil mengagumkan dan mengharumkan nama IAIN Batusangkar di tinggkat nasional,” kata Kamuri. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)