Sekilas Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka

Majalengka, MINA –  Sebuah bandara bertaraf internasional kini hadir di Majalengka provinsi Jawa Barat, terletak di , sekitar 68 km dari Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ditempatkan secara strategis di sekitar area berkembang Jawa Barat.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) begitu namanya, memiliki akses terjamin dengan adanya jalan raya dan kereta api yang menghubungkan Bandung, Kertajati, dan Cirebon; jalan tol Cisumdawu untuk menghubungkan Bandung dan Kertajati;

Jalan tol Cipali yang menghubungkan Kertajati dan Kawasan Industri Karawang; dan juga jalur langsung menuju pelabuhan Cirebon, seperti dikutip dari bijb.co.id.

Terminal Utama – Tampak Belakang

BIJB dibangun di atas lahan seluas 1.800 ha dan pembangunannya akan dibagi menjadi tiga tahap. Diharapkan pembangunannya dapat dimulai pada tahun 2017, di tahap pertama pembangunan, BIJB akan mengoperasikan satu landasan terbang sepanjang 3500 meter, nantinya sendiri setelah pembangunan selesai BIJB akan memiliki dua landasan terbang.

Bandara yang terletak di Kecamatan Kertajadi itu, berencana akan menjamin kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang dalam perjalanan udara. Hal itu, tentu saja akan memudahkan dalam hal infrastruktur bandara, fasilitas terminal dan kemajuan bandara untuk meningkatkan pengalaman para penumpang dan pengunjung.

Total area bangunan Terminal Penumpang sendiri adalah 121,000 meter persegi, yang dapat menampung 5 juta penumpang/tahun dan akan bisa menampung 18 juta lalu lintas penumpang di tahun berikutnya. Di kargo depan, 0,004 juta ton telah ditangani dalam operasi pertama, kargo keseluruhan di BIJB akan diperluas secara besar-besaran hingga mencapai 1,5 juta ton pada tahun 2045.

Area Drop-off Penumpang

Agar biaya aeronotika BIJB ini kompetitif, BIJB juga akan menambah keuntungan dari bisnis-bisnis non-aeronotika. Selain menarik brand-brand, ritel serta operator F&B dengan reputasi yang baik untuk memberikan bebagai macam penawaran, BIJB juga akan menyelenggarakan promosi bandara besar besaran yang menyenangkan untuk menarik penumpang.(R/RS3/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.