Sekitar 20 Tim Ukhuwah Al-Fatah Resque Ikuti Latihan Jakarta Rescue

Bogor, MINA – Sebanyak 20 Tim Ukhuwah Al Fatah Rescue () mengikuti pelatihan di Desa Citeko, kecamatan Cisarua, Bogor dari Selasa-Sabtu (26-29/11).

“Untuk saat ini kita memprioritaskan peserta khusus dari wilayah Lampung dahulu, ke depan wilayah-wilayah lain menyusul mendapat pelatihan tesebut,” demikian  Bustamin UC Ketua Umum UAR Pusat kepada MINA, Selasa (25/11) di Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Pasirangin, Bogor.

Bustamin mengatakan, bahwa materi yang akan diberikan adalah Base of operation (Boo) dan Fire accident materi dasar seorang UAR untuk dapat mempunyai keahlian tertentu saat menangani peristiwa gempa.

“Tentunya juga, kita dapat menyiapkan strategi ketika tim UAR turun dalam menangani korban gempa ataupun peristiwa-peristiwa alam seperti tsunami, gunung melutus, banjir dan tanah longsor,” katanya.

Dia juga mengatakan, pelatihan ini sangat baik dan perlu ditingkatkan sebab dapat meningkatkan kemampuan tim, sehingga perlu diadakan secara rutin.

“Baiknya saat berada di lapangan akan bersama kepolisian untuk membantu sesama yang terkena bencana,” katanya.

Sebelumnya ia menyampaikan pihaknya mendapat pelatihan meningkatkan kemampuan seperti incident command system (ICS) dan base of operation (BOO). Tim UAR juga mendapat pelatihan praktik di lapangan. “Nah sekarang materi pelatihannya kebanyakan teori dari Jakarta Rescue International,” ujar dia.

UAR sering mengirim relawan ke daerah-daerah bencana seperti tsunami Aceh, gempa Aceh, gempa Padang, Merapi, banjir Jakarta, tsunami Pangandaran, juga bencana akibat konflik di Poso dan lain-lain. (L/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.