Selandia Baru Cepat Lockdown Nasional Setelah Ditemukan Kasus COVID-19 Baru

Wellington, MINA – Selandia Baru akan melakukan penguncian (lockdown) cepat secara nasional selama tiga hari, setelah kasus lokal baru virus corona terdeteksi di Auckland, yang dianggap pihak berwenang sebagai varian Delta.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengkonfirmasi negara itu akan bergerak ke Siaga Tingkat Empat mulai pukul 23.59 Selasa malam waktu setempat (17/8), Nine News melaporkan.

Ardern mengatakan, penting bagi negara untuk “berusaha keras dan pergi lebih awal” untuk mengalahkan varian Delta.

Level Empat berarti mengurangi kontak antara orang-orang hingga batas minimum yang esensial.

“Seperti yang telah kita lihat di luar negeri, khususnya di Sydney, perjalanan luar ruangan yang tidak perlu dapat menyebarkan virus,” katanya.

Penguncian akan berlangsung tiga hari secara nasional, meskipun Ardern mengatakan Auckland dan Semenanjung Coromandel kemungkinan akan dikunci selama sepekan.

Kasus tersebut, seorang pria berusia 58 tahun, bergejala pada hari Sabtu (14/8) dan diperkirakan telah menular sejak 12 Agustus.

Istrinya telah dites kembali dan hasilnya negatif. Istri pria itu juga divaksinasi lengkap.

“Saya ingin meyakinkan warga Selandia Baru bahwa kami telah merencanakan kemungkinan ini,” kata Ardern. “Bekerja keras dan lebih awal telah berhasil bagi kami sebelumnya.” (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)