Selidiki Catatan Resmi Presiden, FBI Grebek Rumah Trump di Florida

Florida, MINA – Mantan Presiden Donald Trump mengatakan, agen-agen FBI menggerebek rumahnya nya di Mar-a-Lago, resor Florida-nya pada Senin (8/8) dan membobol brankasnya.

Putranya mengatakan bahwa itu sebagai bagian dari penyelidikan penghapusan catatan resmi Presiden Trump dari Gedung Putih.

Penggeledahan rumah mantan presiden AS itu adalah yang pertama kali dan belum pernah terjadi sebelumnya, Arab News melaporkan.

Penyelidikan catatan merupakan salah satu dari beberapa penyelidikan yang dihadapi Trump dari masa jabatannya dan dalam bisnis swasta.

Departemen Kehakiman AS menolak mengomentari pencarian tersebut, yang menurut pernyataan Trump melibatkan “sekelompok besar agen FBI.”

Markas besar FBI di Washington dan kantor lapangannya di Miami menolak berkomentar.

Eric Trump, salah satu anak dewasa mantan presiden, mengatakan kepada Fox News bahwa penggeledahan itu berkaitan dengan kotak-kotak dokumen yang dibawa Trump dari Gedung Putih.

Ia mengatakan bahwa ayahnya telah bekerja sama dengan Arsip Nasional mengenai masalah ini selama berbulan-bulan.

Seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut juga mengkonfirmasi bahwa serangan itu tampaknya terkait dengan penghapusan catatan rahasia Trump dari Gedung Putih.

Trump mengatakan, perkebunan itu “saat ini dikepung, digerebek, dan diduduki.” Dia tidak mengatakan mengapa penggerebekan itu terjadi.

“Setelah bekerja dan bekerja sama dengan instansi Pemerintah terkait, penggerebekan mendadak di rumah saya ini tidak perlu atau tidak pantas,” kata Trump. “Mereka bahkan membobol brankas saya!”

Trump tidak hadir pada saat dia berada di New York pada hari Senin, Fox News Digital melaporkan, menerbitkan foto Trump yang menurut seorang reporter Fox menunjukkan dia meninggalkan Trump Tower.

Trump yang telah menjadikan klubnya di Palm Beach sebagai rumahnya sejak meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021, umumnya menghabiskan musim panas di klub golfnya di Bedminster, New Jersey, karena Mar-a-Lago biasanya tutup selama musim panas.

Undang-undang federal yang disebut Undang-Undang Catatan Kepresidenan AS mengharuskan penyimpanan memo, surat, catatan, email, faks, dan komunikasi tertulis lainnya yang terkait dengan tugas resmi presiden.

Setiap penggeledahan di kediaman pribadi harus disetujui oleh hakim, setelah lembaga penegak hukum yang menyelidiki menunjukkan kemungkinan penyebab bahwa penggeledahan itu dibenarkan.  (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.