Semifinal Piala AFF 2022: Hadapi Vietnam di SUGBK, Indonesia Tak Boleh Lengah

Timnas Indonesia. (Istimewa)

Jakarta, MINA – akan menjamu pada babak semifinal leg pertama 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno () pada Jumat (6/12/2023). Laga ini dijadwalkan kick-off pada 16:30 WIB, live di RCTI.

Skuad Garuda harus memanfaatkan laga kandang di Jakarta ini sebaik mungkin. Anah-anak asuh Shin Tae-yong ini diharapkan tampil ngotot jika ingin tetap membuka asa melaju ke babak final. Sebab, putaran kedua akan dimainkan di Hanoi pada 9 Januari mendatang.

Indonesia lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A. Di penyisihan grup, Indonesia mengalahkan Kamboja 2-1, menggulung Brunei 7-0, bermain imbang 1-1 dengan Thailand, dan menaklukkan Filipina 2-1 di laga pamungkas.

Hasil tersebut membuat Indonesia berhasil mengumpulkan 10 poin, sama seperti Thailand. Hanya saja, Thailand yang memuncaki klasemen setelah unggul agresivitas gol.

Sama seperti Indonesia, Vietnam juga lolos dengan 10 poin, tetapi sebagai juara Grup B. Di grup itu, Vietnam mengkandaskan Laos 6-0, mempermalukan Malaysia 3-0, dan ditahan imbang 0-0 Singapura, dan menundukkan Myanmar 3-0.

Meski sama-sama mendulang 12 gol dari empat laga yang sudah dimainkan di babak penyisihan grup, anak asuh Park Han-seo itu sukses menjaga gawang mereka dari kebobolan.

Indonesia patut waspada, sebab dalam empat pertempuan terakhir di semua ajang, Indonesia tanpa kemenangan ketika bersua Vietnam. Kekalahan paling besar diderita Indonesia adalah saat kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana saat itu Vietnam menang 4-0.

Namun, khusus di Piala AFF, Indonesia punya catatan bagus kontra Vietnam. Berdasarkan statistik dalam 10 pertemuan di kompetisi ini, Indonesia tiga kali menang, enam kali seri, dan cuma sekali kalah (M3 S6 K1). (L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.