Sinwar Terpilih Jadi Pemimpin Hamas Di Gaza Gantikan Haniyah

Yahyas As Sinwar (kanan) terpilih sebagai Pemimpin di menggantikan Islamail Haniyah (kiri). (Foto: dok. al-masdar.net)

 

Gaza, 16 Jumadil Awwal 1438/14 Februari 2017 (MINA) – Pemilihan pimpinan Hamas yang berlangsung sejak 3 Februari silam memenangkan Yahya As Sinwar sebagai Ketua Hamas di Gaza menggantikan dan memilih Khalil Al Hayah menjadi wakilnya.

Sumber internal Hamas kepada kantor berita Al Jazeera, Senin (13/02) menyebutkan bahwa Yahya As Sinwar terpilih di pertengahan proses pemilihan sejumlah calon pimpinan Hamas yang diikuti oleh ribuan anggota Hamas dan akan berakhir pada pertengahan Maret dengan pemilihan kepala biro politik Hamas.

Yahya As Sinwar sebelumnya menjabat sebagai salah satu pimpinan tertinggi Al Qassam, sayap militer Hamas.  As Sinwar juga merupakan salah satu pendiri Al Qassam dan pendiri satuan keamanan Al Qassam, Al Majd.

Baca Juga:  RS Indonesia di Gaza Utara kembali Beroperasi

Media , Safa.ps mengungkap, As Sinwar adalah tokoh Hamas yang populer karena kecerdasannya menentukan strategi pertahanan dan keamanan Hamas di Gaza serta perlawanannya yang keras terhadap .

Ia sempat mendekam dalam penjara Israel setelah penangkapannya oleh pihak keamanan Israel pada tahun 1988. Dan pada tahun 2011 ia berhasil dibebaskan bersama ribuan anggota Hamas lainnya melalui kesepakatan pertukaran tawanan dengan pihak Israel untuk melepaskan satu tentaranya, Gilad Shalit

Pemilihan pimpinan Hamas tersebut sementara ini juga telah memenangkan kembali Ahmed Bahr menjadi Ketua Majelis Syuro Hamas di Gaza dan memilih sejumlah pejabat politik Hamas di Gaza, di antaranya Mahmud Az Zihar, ‘Amad Al ‘Ilmi, Salah Al Bardawil dan Abu Sibh.

Baca Juga:  Kabar RS Indonesia di Gaza Beroperasi Lagi Ramai di Medsos

Hingga kini masih berlangsung pemilihan sejumlah posisi organisasi Hamas untuk wilayah Tepi Barat dan Luar Palestina. (T/RA3/ RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.