Siswa MAN 2 Sleman Harumkan Nama Indonesia di Kompetisi Riset Internasional

Sleman, MINA – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman, Jawa Tengah mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Mereka adalah Khodijatul Kubro dan Dwi Amalia, keduanya meraih medali perak International Science, Technology and Enginering Competition (ISTEC) di Bandung, demikian Kemenag melaporkan yang dikutip MINA.

Kepala MAN 2 Sleman, Wahdan Zani menjelaskan, ISTEC adalah kompetisi penelitian tingkat dunia di bidang sains, teknologi, dan rekayasa.

Wahdan menjelaskan di Sleman, Kamis (16/01). Kompetisi ini berlangsung 13-16 Januari 2020 yang diikuti peserta dari 13 negara.

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, ada peserta dari Turki, Afrika Selatan, Vietnam, Turkmenistan, Oman, Srilanka, Brazil, Filipina, Thailand, Palestina, Mesir, dan Malaysia.

“Tim MAN 2 Sleman meraih medali perak setelah presentasi riset dengan tema “Pestisida Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Sirih dan Kunyit,” terang Wahdan.

Menurut Wahdan, penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya keluhan petani akan adanya serangan kutu putih terhadap tanaman dan belum ditemukan obatnya yang langsung dibinaan guru pembimbing Ahmad Arif Ma’ruf mereka mengawali risetnya dengan membaca jurnal-jurnal internasional tentang pestisida.

Dari informasi yang terhimpun, keduanya lalu mencari tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat-zat anti biotik.

“Mereka menemukan Sirih dan Kunyit. Lalu, selama 15 hari melakukan eksperimen. Hasilnya, kunyit dan sirih ternyata dapat membasmi hama Kutu Putih,” tuturnya.

“Laporan hasil penelitian inilah yang dikirim ke ISTEC kemudian mereka diminta presentasi dan meraih medali perak,” lanjutnya.

Selain MAN 2 Sleman, ISTEC juga diikuti peserta dari MAN 4 Bantul, MAN 2 Lamongan, MAN Demak, dan MAN 4 Jakarta. Ada banyak juga utusan dari SMA, antara lain SMAN Semarang, SMAN Bengkulu dan banyak SMA lainnya akan berlangsung di Turki,” ucapnya. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.