SMA Alfa Centauri Bandung Selenggarakan Centaktif ‘22

Bandung, MINA – SMA Alfa Centauri (Alcent) Bandung menyelenggarakan rangkaian kegiatan Centaktif ‘22 (Centaurian Taqwa Cerdas Kreatif) yang merupakan kegiatan akhir semester ganjil Tahun Ajaran 2022-2023.

Selain taushiyah, kegiatan Centaktif diisi oleh literai akbar, kompetisi basket, lomba estafet air, lomba kelas bersih dan lomba IG kelas yang dilaksanakan selama tanggal 19-21 Desember 2022, kata Siti Aminah,M.Pd., Wakasek Bidang Kesiswaan SMA Alcent, kepada Kantor Berita MINA, Selasa (20/12/2022).

Centaktif ’22 hari pertama digelar di Sony Sugema Hall SMA Alcent dengan tema “Tanpa Pacaran Aku Taat dan Kuat”. Rangkaian kegiatan bertujuan meningkatkan keimanan siswa/i serta membangun kesadaran untuk menjauhi perbuatan zina.

Ustadz Handy Bony, dai muda dalam tausiyahnya, Senin (19/12/2022) menyampaikan pentingnya mengedepankan akal dan mengatur hawa nafsu.

Baca Juga:  Abu Obeida: Netanyahu Pilih Bunuh Pasukannya daripada Ambil Kesepakatan

Dia mengingatkan kandungan surah Al-Jatsiyah ayat 23, yang berisi tentang pertanyaan Allah, “maka pernahkan kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya?” kebanyakan manusia zaman sekarang banyak yang menempatkan hawa nafsu didepan akalnya.”

“Anak muda zaman ini sudah jelas beda dibanding ketika zaman aku ya, karena saat ini sudah sangat instan, mandiri, dan sangat canggih. Tetap ya di setiap itu ada sisi positif dan negatifnya. Namun yang aku liat saat ini banyak anak muda yang semangat juangnya melemah, tetapi bukan semua anak muda seperti itu,” ujarnya.

Sisi positifnya adalah anak muda era ini kaya akan informasi. Tetapi masih belum dapat membedakan informasi mana yang baik dan buruk, lanjutnya.

Baca Juga:  Iran dan Negara Lain Walkout di Acara FIFA karena Kehadiran Israel

Dia mengajak generasi muda untuk berhijrah dari semua keburukan kepada kebaikan.

“Terutama sekali janganlah mendekati zina, karena itu adalah perbuatan yang keji dan jalan yang buruk,”ujarnya mengutip Surat  Al-Isra ayat 32.

Sementara itu, Agus Rustandi,M.Si Kepala SMA Alcent menyampaikan, Centaktif merupakan kegiatan merefresh otak setelah Penilaian Akhir Semester (PAS) dan belajar selama satu semester.

Agus Rustandi menitipkan pesan agar selama liburan semester ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Jika ingin full liburan silakan karena itu hak kalian, namun liburan dapat dimanfaatkan untuk belajar karena sekolah mengadakan kegiatan tambahan, seperti matematika bagi yang berminat.” ujarnya.

Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan Centaktif ’22 SMA Alfa Centauri Bandung diawali dengan tilawah Al-Quran berjamaah,d engan membaca surah Al-Isra dan surah An-Nur.

Baca Juga:  Imam Yakhsyallah Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Shuffah Mranggen

Acara lainnya penampilan ekskul Centang (Centaurian Angklung) yang membawakan lagu “Kun Anta” dan “Merakit”.

Ikut serta penampilan ekskul Voicent (Voice of Alfa Centauri) yang membawakan lagu “Ya Maulana”, “Tak Akan Berpaling”, dan “Assalamualaikum”.

Kemudian, diadakan literasi akbar, yaitu kegiatan untuk siswa/i membaca buku, yang diisi materi oleh Adytia Nugraha,S.Pd. Koordinator Gerakan Literasi Sekolah SMA Alcent.

SMA Alcent Bandung merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh H. Abdurrahman Sony Sugema,MBA (alm), memiliki misi membentuk peserta didik dan lingkungan civitas akademika yang bertaqwa, cerdas, dan kreatif.

SMA tersebut memiliki tujuh karakter : Jujur, Bersih dan Rapi, Mandiri, Disiplin, Tangguh, Sopan Santun dan Bermanfaat.

SMA Alcent sejak 2006 tiap tahunnya meluluskan alumninya ke berbagai PTN favorit seperti ITB, UI, UNPAD, UPI, IPB, UIN, dsb. (L/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)