AWG Biro Jabar dan Syubban Media Selenggarakan Webinar Bimbingan Menulis

Bandung, MINA – Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) Biro Jawa Barat bekerjasama dengan Syubban Media mengadakan webinar Bimbingan Menulis Artikel Al-Aqsa dan Keislaman bagi Peserta Tingkat Pemula Seri ke-3, Sabtu (15/1/22).

Webinar virtual zoom difasilitasi SMA Alfa Centauri Bandung yang didirikan oleh Sony Sugema (alm), dan Kantor Berita MINA, media massa yang terbit secara online dalam tiga bahasa yang fokus dalam perjuangan Islam terutama dalam jihad memperjuangkan Masjidil Aqsa dan Palestina.

Para peserta pelatihan terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, asatidz pondok pesantren, guru, karyawan, dan aktivis kemanusiaan dari berbagai daerah. Mereka berasal dari Bandung, Pekalongan, Klaten, Garut, Tangerang, Lampung, Palembang hingga Balikpapan.

Pemateri webinar Ustadz Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior MINA,  dalam sesi Bimbingan Menulis Artikel menyampaikan, betapa urgensinya menulis artikel bagi generasi muda untuk menambah ilmu.

“Dengan menulis berarti kita dituntut rajin membaca untuk menambah referensi, dengan demikian tambah ilmu. Dengan tambah ilmu, pemikiran kita akan bertambah maju dan berkembang, serta lebih dekat dengan Allah yang telah memberikan ilmu,” ujar Ustadz Afta, begitu disapa, alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Yaman tersebut.

Apalagi kemudian, lanjut Penulis Kepalestinaan tersebut, tulisan itu kemudian diterbitkan di media MINA, lalu dikumpulkan satu artikel ke artikel berikutnya, hingga dibukukan dan diterbitkan.

Secara teknis, ia memaparkan bagaimana cara memulai tulisan, mulai dari menentukan tema, mengawali paragraf pertama, hingga merangkai paragraf ke paragaf berikutnya secara kohesif dan koherensif.

“Ada kesatuan bahasa dan makna dalam sebuah tulisan, dan mengalir berurutan secara logis, ada benang merahnya. Sehingga tulisan kita menarik dan pesan akan sampai ke pembaca,” ujarnya.

Ia menyebutkan bagaimana indahnya kandungan Al-Quran yang menguraikan ayat demi ayat secara berkesinambungan, ada korelasi satu ayat dengan ayat berikutnya.

“Begitulah kita dalam menulis, hendaknya ada kesinambungan dan keterkaitan antara satu paragraf ke paragraf berikutnya, sehingga tulisan kita menjadi indah dan enak dibaca,” katanya.

Bimbingan berkelanjutan

Sementara itu Siti Amina, pembina Fatayat Jabar dan pembina Muslimat AWG Jabar mengharapkan peserta bimbingan agar terus berusaha menjadi penulis dengan cara berlatih terus-menerus.

Ia juga berharap bimbingan tersebut berlanjut melalui teknologi zoom meeting, yang dijadwalkan setiap Sabtu pukul 09.00-10.00 WIB, sampai peserta benar-benar bisa menulis dengan baik.

Moderator Iman Abdurahman Gunawan, yang juga pembina ekstrakulikuler Jurnalistik di SMA Alfa Centauri berharap, bimbingan menulis online tersebut terus diikuti oleh peserta secara kontinyu pada sesi berikutnya.

Bimbingan Menulis Artikel merupakan follow up dari kegiatan Training for Trainers Al-Quds dan Palestina yang diselenggarakan oleh AWG Biro Jawa Barat pada 25-26 Desember 2021, dengan narasumber dari Kantor Berita MINA berpusat di Jakarta.

Kantor Berita MINA dengan alamat minanews.net dalam program kerja tahun 2022 menyebutkan agenda pengembangan biro-biro di wilayah-wilayah, khususnya prioritas Biro Jabar, Jateng, Banten, Kalbar dan Kaltim. (L/Imn/Amn/RS2/).

Mi’raj News Agency (MINA)