Sultan Alneyadi Akan Jadi Astronot Arab Pertama yang Melakukan ‘Spacewalk’

Sultan AlNeyadi memulai perjalanan luar angkasa selama Ekspedisi 69 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).(Foto: ISS)

Dubai, MINA – Pusat Mohammed Bin Rashid (MBRSC) mengumumkan, Sultan AlNeyadi akan menjadi astronot Arab pertama yang melakukan perjalanan luar angkasa (spacewalk) selama Ekspedisi 69 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang dijadwalkan pada Jumat, 28 April 2023.

Uni Emirat Arab () akan menjadi negara ke-10 yang melakukan spacewalk di ISS. AlNeyadi akan menjadi bagian dari spacewalk ke-262 untuk mendukung perakitan, pemeliharaan, dan peningkatan di stasiun luar angkasa, Kantor Berita UEA, WAM, melaporkannya,  Ahad (9/4).

Astronot yang dipilih untuk perjalanan ruang angkasa di ISS menjalani proses seleksi yang ketat berdasarkan keterampilan, pengalaman, dan kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan luar angkasa yang menantang.

Mereka harus menunjukkan kemahiran yang luar biasa di berbagai bidang, seperti teknik, robotika, dan sistem pendukung kehidupan, serta kebugaran fisik dan ketahanan mental yang prima.

Spacewalks, juga dikenal sebagai Extravehicular Activity (EVA), di ISS sangat penting untuk memelihara, meningkatkan, dan meningkatkan kemampuan laboratorium yang mengorbit.

Spacewalks ini memungkinkan astronot untuk melakukan tugas-tugas seperti pemeliharaan dan perbaikan sistem penting, pemasangan teknologi dan perangkat keras baru, serta perakitan dan konstruksi modul ISS.

Selanjutnya, spacewalks di ISS melambangkan kerja sama internasional, dengan astronot dari berbagai negara berkolaborasi dan mempromosikan berbagi pengetahuan dan sumber daya.

Mengingat risiko tinggi yang terkait dengan perjalanan ruang angkasa, hanya astronot terpilih yang memenuhi syarat yang mendapat kesempatan untuk melakukan tugas penting.

Proses EVA tidak hanya menantang secara fisik karena tekanan pakaian, tetapi juga menuntut secara mental – astronot harus fokus pada pekerjaan yang mereka lakukan serta keselamatan mereka, sejumlah besar alat potensial serta berinteraksi dengan kru dan tim di kontrol misi.

AlNeyadi berlatih selama lebih dari 55 jam di Neutral Buoyancy Laboratory (NBL) NASA di Johnson Space Center di Houston, Texas untuk persiapan perjalanan luar angkasa. Selama waktunya di NBL, AlNeyadi menjalani sembilan kali lari masing-masing enam jam, melatih simulasi perjalanan ruang angkasa di bawah air menggunakan tiruan lengkap ISS.

Spacewalk kelima dari ISS tahun ini dan yang ketiga untuk Ekspedisi 69 akan menjadi momen penting saat Insinyur Penerbangan NASA Stephen Bowen dan AlNeyadi bekerja sama untuk melaksanakan tugas-tugas penting.

EVA yang sangat dinanti diproyeksikan akan berlangsung sekitar 6,5 jam, memberi para astronot kesempatan unik untuk mengalami ruang angkasa yang luas sambil bekerja untuk memelihara dan meningkatkan ISS. Kerja tim dan kolaborasi mereka tidak hanya akan menunjukkan keterampilan masing-masing tetapi juga menekankan pentingnya kerja sama internasional dalam memajukan eksplorasi ruang angkasa manusia.

Salah satu tujuan utama EVA adalah mengambil unit Radio Frequency Group (RFG) yang penting, yang merupakan komponen integral dari rangkaian komunikasi S-Band ISS. Peralatan komunikasi penting ini akan dikembalikan ke Bumi dalam penerbangan SpaceX.

Selain tugas utama, AlNeyadi dan timnya akan mengerjakan serangkaian tugas persiapan terkait EVA instalasi panel surya yang direncanakan untuk misi nanti. Array surya memainkan peran penting dalam menggerakkan ISS, menyediakan energi bersih dan terbarukan untuk mendukung berbagai eksperimen, sistem, dan operasi sehari-hari di atas kapal.

Ketua MBRSC, Hamad Obaid AlMansoori, menyampaikan, perjalanan ruang angkasa bersejarah Sultan AlNeyadi adalah bukti dedikasi UEA yang tak tergoyahkan untuk memajukan batas eksplorasi ruang angkasa dan membina kerja sama internasional.

“Sebagai astronot Arab pertama yang akan melakukan EVA, AlNeyadi membawa aspirasi seluruh wilayah dan melambangkan kemungkinan tak terbatas dari pencapaian kolektif kita,” ujarnya.

Obaid AlMansoori menambahkan, tonggak sejarah ini juga merupakan perwujudan dari visi jangka panjang kami untuk memperkuat posisi UEA sebagai pemimpin global dalam ruang, sains, dan teknologi.

“Karena kami terus menginspirasi generasi mendatang untuk mengejar pengetahuan dan inovasi tanpa henti,” katanya.

Direktur Jenderal, MBRSC, Salem Humaid AlMarri, menyatakan, sebagai astronot Arab pertama yang akan melakukan spacewalk, tonggak sejarah Sultan AlNeyadi menunjukkan komitmen pihanya untuk merintis eksplorasi ruang angkasa dan berkontribusi pada komunitas antariksa global.

“Peristiwa luar biasa ini, berlangsung selama Misi luar angkasa Arab dalam sejarah, tidak hanya menandakan pencapaian luar biasa bagi UEA dan wilayah tersebut, tetapi juga menyoroti kolaborasi internasional yang berkelanjutan dan kemajuan ilmiah di ISS,” pungkas Humaid.

Penelitian Fisika Luar Angkasa

AlNeyadi baru saja menyelesaikan satu bulan di luar angkasa, setelah diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida dengan anggota tim Crew-6 pada 2 Maret pukul 09:34 waktu UEA.

Para kru kemudian merapat dengan ISS setelah penerbangan 25 jam pada 3 Maret pukul 10:40 waktu UEA dan memasuki stasiun pada pukul 12:45 waktu UEA pada hari yang sama.

AlNeyadi telah secara resmi memulai Ekspedisi 69 bersama dengan rekan-rekannya, menyusul lepas landasnya pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 baru-baru ini.

Kegiatan penelitian manusia telah mendominasi jadwal awak di ISS, yang meliputi pemindaian ultrasound, pemeriksaan penglihatan, dan pemeriksaan pendengaran.

AlNeyadi berpartisipasi dalam berbagai aktivitas bersama rekan-rekan krunya. Para astronot bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang kondisi jantung yang disebabkan oleh ruang angkasa dan Bumi, dengan Bowen menempelkan elektroda ke dirinya sendiri dan menandai pembuluh darah untuk penyelidikan Vascular Aging.

Di sesi lain, Bowen, Frank Rubio, dan Dmitri Petelin melakukan pemeriksaan mata pada kru mereka, termasuk AlNeyadi, menggunakan peralatan pencitraan medis standar yang ditemukan di kantor dokter mata di Bumi.

Fisika luar angkasa juga menjadi bagian dari agenda penelitian, karena para ilmuwan dan insinyur berusaha memahami bagaimana material ciptaan Bumi bereaksi terhadap kondisi gayaberat mikro.

AlNeyadi selanjutnya berfokus pada pekerjaan kargo, membongkar sebagian dari 2.800 kg eksperimen sains baru, perlengkapan kru, dan perangkat keras stasiun yang dikirimkan oleh kapal pemasok SpaceX Dragon.

Sementara itu, kru melanjutkan berbagai eksperimen, seperti melayani sampel di dalam Tungku Levitasi Elektrostatis dan mempelajari dispersi gelembung dan tetesan dalam cairan untuk eksperimen Busa dan Emulsi.

Para kru selanjutnya akan melakukan beberapa eksperimen, termasuk menyelidiki efek gayaberat mikro pada pembakaran material untuk meningkatkan keamanan pesawat ruang angkasa, menguji alat baru untuk pemantauan kekebalan ruang angkasa dalam, dan memajukan penelitian pada jaringan otot jantung yang dikultur 3D untuk mengevaluasi fungsi jantung manusia di gayaberat mikro.

AlNeyadi juga akan terlibat dalam program penjangkauan masyarakat, termasuk panggilan langsung dan interaksi radio ham, selain tugas pemeliharaan di ISS.

Program Astronot UEA adalah salah satu proyek yang dikelola oleh MBRSC di bawah Program Luar Angkasa Nasional UEA. Ini didanai oleh Dana ICT dari Otoritas Regulasi Pemerintah Telekomunikasi dan Digital (TDRA), yang bertujuan untuk mendukung penelitian dan pengembangan di sektor TIK di UEA dan mempromosikan integrasi negara di panggung global.(AK/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.