Survei: Mayoritas Warga Jepang Setuju Olimpiade 2020 Ditunda

Tokyo, MINA – Mayoritas warga setuju penyelenggaraan Olimpiade 2020 Tokyo ditunda sebagai pertimbangan pandemi global .

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan tiga media Jepang dengan melibatkan 739 keluarga dengan hak suara serta 1.219 nomor telepon seluler dan mendapat masing-masing 512 dan 520 respon.

Kyodo News menyebut sekitar 70 persen responden memilih untuk ditunda.

Adapun survei dua media lainnya menghasilkan rata-rata 60 persen responden meminta Olimpiade ditunda dan hanya 20 persen yang setuju ajang empat tahunan itu digelar sesuai rencana.

Survei yang dilakukan pada Sabtu -Senin (14-16/3) melalui telepon seluler itu menyusul pernyataan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, bahwa Olimpiade 2020 akan digelar sesuai jadwal, 24 Juli hingga 9 Agustus.

“Kami akan mengatasi penyebaran infeksi virus corona dan menyelenggarakan Olimpiade tanpa masalah sesuai rencana,” kata Abe dalam jumpa pers di Tokyo pada Ahad (15/3).

Pernyataan tersebut kemudian mendapat respon negatif dari berbagai kalangan, seperti atlit hingga komite Olimpiade banyak negara.

Mayoritas pendapat menyebut menggelar Olimpiade Tokyo 2020 sesuai rencana akan sangat berbahaya karena akan mengumpulkan banyak orang dari atlet hingga wisatawan dari berbagai negara ke satu tempat. (L/Nz/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.