Tahanan Palestina Protes Pemindahan 60 Tahanan Anak ke Penjara Damoun

Ramallah, MINA – Dinas (IPS) telah memutuskan memindahkan 60 -anak yang ditahan di kamp militer dan penjara Ofer, dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, ke penjara Damoun di Israel tanpa pengawas dewasa dari fihak tahanan Palestina.

Keputusan ini telah memicu protes keras oleh para tahanan, sebagaimana yang dikemukakan  dalam sebuah pernyataan Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina pada Sabtu (11/1).

Dinyatakan, tahanan dewasa yang selama ini merawat anak di bawah umur tersebut khawatir, pemindahan itu dapat merusak hak-hak tahanan anak yang dapat disalahgunakan oleh penjaga penjara tanpa adanya pengawas dewasa mereka, demikian WAFA melaporkan.

“Sekitar 200 anak di bawah umur saat ini ditahan di penjara-penjara Israel dari hampir 5.000 tahanan Palestina yang dipenjara karena menentang pendudukan Israel atas tanah air mereka,” kata Komisi itu.

Komisi itu mengatakan, para tahanan dewasa biasanya merawat anak di bawah umur dan membantu mereka menyesuaikan diri dengan situasi baru mereka serta mewakili mereka dalam setiap perselisihan dengan Dinas Penjara Israel. (T/HD/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.