Tahanan Uighur Dipaksa Berbicara dalam Bahasa Mandarin

Foto: Screenshot of the Siasat Daily

Xinjiang, MINA – Tahanan etnis Uighur di Provinsi Xinjiang, China dipaksa untuk berbicara dalam dan menunjukkan kepatuhan yang jelas kepada penjaga penjara China, the Siasat Daily melaporkannya, Sabtu (30/7).

Seorang Uighur yang sekarang tinggal di Eropa mengatakan kepada RFA, saudara-saudaranya di Penjara Sanji baru-baru ini diizinkan untuk bertemu secara online dengan kerabatnya.

Meskipun baik orang Uighur yang dipenjara maupun anggota keluarga mereka tidak dapat berbicara bahasa Mandarin dengan baik, pihak berwenang membuat mereka berkomunikasi dalam bahasa Mandarin untuk seluruh pertemuan.

“Mereka hampir tidak bisa berbicara dalam bahasa Mandarin, menurut kerabat saya yang bertemu dengan mereka di layar. Ini bukan hanya insiden yang terisolasi,” kata sumber itu.

Pihak berwenang China melarang penggunaan bahasa Uighur di sekolah-sekolah dan kompleks pemerintah sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengurangi budaya dan tradisi sebagian besar komunitas Muslim, RFA melaporkan.

Tetapi keluarga Uighur masih berbicara bahasa ibu mereka di dalam rumah mereka. Larangan melakukan itu pada kunjungan virtual bulanan menambah tingkat frustrasi bagi anggota keluarga yang sudah mengkhawatirkan kesejahteraan orang yang mereka cintai.

Etnis Uyghur lain yang tinggal di Turki mengatakan, keponakannya yang menjalani hukuman di penjara Urumqi (Wulumuqi), dipaksa berbicara bahasa Mandarin kepada ibu dan neneknya, meskipun harus bergantung pada kerabat lain untuk menerjemahkannya.

“Mereka mengizinkan mereka untuk bertemu di layar setiap beberapa bulan hanya selama tiga menit,” kata sumber itu.

Tahir Mutallip Qahiri, seorang dosen dalam bahasa dan sastra Uyghur di Universitas Gttingen di Jerman, mengatakan dia melihat perbedaan dalam cara ayahnya yang ditahan berinteraksi dengannya selama panggilan video.

Ayahnya, cendekiawan dan aktivis Uighur terkenal Mutallib Siddiq Qahiri, dulu bekerja di Universitas Kashgar dan menulis dan mengedit lebih dari 20 buku tentang budaya Uighur dan Arab sampai dia ditangkap pada 2018 dan didakwa dengan “hasutan terhadap kebencian etnis,”. Menurut artikel September 2020 di Byline Times, pihak berwenang menghukumnya 30 bulan penjara dengan empat tahun masa percobaan.

Tahir mengatakan dia dapat melihat ayahnya setelah dia dibebaskan dari tahanan, tetapi pria itu “tidak sebebas yang baru-baru ini berbicara dengan kerabat mereka di layar.” (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.