Tamyiz Camp 2023 Sekolah Insan Mandiri Cibubur Resmi Dibuka

Pembukaan Tamyiz Camp 2023 Sekolah Insan Mandiri Cibubur. (Foto: Dok. Insan Mandiri)

Cibubur, MINA – Sekolah Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School menyelenggarakan Program Tamyiz Camp 2023 selama sebulan, yang pembukaannya berlangsung di Auditorium Munif Chatib Gedung Insan Mandiri Cibubur, Jumat (13/1).

Program dibuka langsung oleh Ichsan Thalib selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ).

Tamyiz Camp ini dihadiri oleh penggagas Tamyiz Ustadz Zaunal Fatin atau lebih dikenal dengan panggilan Abah Zaun pengasuh Pondok Pesantren Bayt Tamyiz di Indramayu.

Program Tamyiz Camp adalah salah satu program untuk mempelajari arti Al Qur’an dengan metode parodi lagu. Metode ini sangat cocok diajarkan sejak usia dini karena belajarnya dengan metode lagu yang menyenangkan.

Abah Zaun dalam sambutannya mengatakan, dalam mempelajari arti Al Qur’an ini agar tidak boleh menghafal dan tidak boleh bertanya, cukup diikuti dan diulang-ulang. Seperti ketika anak kecil mempelajari bahasa ibu, ia tidak banyak berfikir hanya mengulang-ulang. Di dalam Al Qur’an banyak kata-kata yang diulang-ulang sehingga sebenarnya bisa lebih mudah dihafalkan artinya.

Baca Juga:  Jama’ah Muslimin Jambi Adakan Tabligh Akbar

“Program ini insya Allah akan membantu siswa untuk menghafalkannya secara mutqin dalam waktu satu bulan dengan capaian 20 Juz. Dengan syarat siswa sungguh-sungguh untuk mengikuti pembelajaran,” ujar Abah Zaun.

Program Tamyiz Camp ini akan dilaksanakan selama satu bulan untuk siswa Insan Mandiri Cibubur dari kelas 7 sampai 10. Lokasi Tamyiz Camp berada di Ma’had Khulafaur Rasyidin dan Tim Musyrif yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini.

Dalam program Tamyiz Camp ini siswa Insan Mandiri langsung dilatih oleh empat ustadz yang langsung didatangkan dari Pondok Pesantren Bayt Tamyiz.

Siswa selama mengikuti program Tamyiz Camp ini dibebaskan dari kegiatan pembelajaran yang lain. Sehingga diharapkan mampu menguasai tamyiz ini dengan optimal.

Baca Juga:  Jama’ah Muslimin Jambi Adakan Gema Takbir Cinta Al-Aqsa 

Target capaian program ini yaitu siswa mampu memahami dan menerjemahkan Al-Qur’an maupun Bahasa Arab secara mutqin.

Program Tamyiz di Insan Mandiri Cibubur menjadi satu bagian dari 4 pilar utama program diniyah yaitu; Tahsin, Tamyiz, Tahfidz dan Project Based on Qur’an. Dengan menguasai metode ini juga dapat mempermudah siswa dalam mengikuti program Tahfidz karena sudah memahami arti dari setiap kata dalam Al-Qur’an.

Sebagai informasi SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur saat ini membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2023/2024. Untuk informasi lengkap pendaftaran dapat mengakses website www.insanmandiri.sch.id.(R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf