Tiga Lagi  Kapal Pengangkut Biji-Bijian Berlayar dari Ukraina

Foto: Anadolu Agency

Istanbul, MINA – Menteri Pertahanan Turkiye Hulusi Akar mengatakan, tiga lagi kapal pengangkut biji-bijian dan bahan makanan berlayar dari pelabuhan Ukraina, Jumat (5/8).

Selain itu, kapal kosong juga akan tiba di Istanbul untuk diperiksa oleh Pusat Koordinasi Gabungan sebelum berangkat ke Ukraina, Anadolu Agency melaporkan.

Pusat koordinasi gabungan yang terdiri dari perwakilan Turkiye, PBB, Rusia, dan Ukraina dibentuk untuk mengawasi kegiatan ekspor biji-bijian Ukraina serta memastikan pelayaran yang aman untuk kapal dagang bermuatan bahan makanan komersial dan pupuk yang berangkat dari tiga pelabuhan utama Ukraina itu.

Sebelumnya, kapal Razoni, kapal pengangkut biji-bijian pertama yang meninggalkan Ukraina telah mendapat izin keamanan (security clearance) di Istanbul dan sedang menuju tujuan akhirnya pelabuhan Tripoli di Lebanon.

Akar juga menjelaskan, pihaknya melanjutkan kerja sama dengan pejabat Rusia, Ukraina dan PBB demi kelancaran kegiatan ekspor yang telah disepakati.  (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)