Tiga Pesan LVRI Lampung Pada Hari Veteran Nasional

Prosesi Tabur Bunga dan Doa dalam acara peringatan Hari Veteran Nasional (HVN) RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjungkarang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (10/8).

Bandar Lampung, MINA – Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Lampung, Mayor (Purn) S. Subadri sampaikan tiga pesan untuk pemuda, masyarakat dan semua elemen supaya kemerdekaan tetap berkobar.

Hal tersebut disampaikan Subadri pada peringatan Hari Veteran Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjungkarang, Bandar Lampung, Lampung, Senin (10/8).

Tiga pesan tersebut adalah tetap miliki nilai kesetiakawanan, kepahlawanan, dan nasionalisme.

“Tanamkan tiga nilai ini, kesetiakawanan, kepahlawanan, dan nasionalisme, karena seiring berjalannya waktu, nilai juang kemerdekaan mulai memudar,” ujar Subadri kepada MINA yang ikut hadir pada acara tersebut.

Oleh karena itu, Subadri mengajak semua elemen baik masyarakat maupun pemerintah untuk bersama-sama melestarikan nilai juang kemerdekaan yang berpedoman pada Pancasila dan undang-undang.

Baca Juga:  Solidaritas Pro-Palestina, Mahasiswa Perancis Lakukan Aksi Mogok Makan

“Untuk apa nilai ini ditanamkan? Supaya generasi muda berhasil, seperti keberhasilan para pejuang dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya.

Subadri menjelaskan, pada peringatan Hari Veteran Nasional yang diadakan menjelang Hari tersebut, semoga dapat menjadi momentum dalam memperkuat kembali nilai-nilai juang pahlawan kemerdekaan.

“Hari ini, 10 Agustus 2020 diperingati sebagai Hari Veteran Nasional untuk mengenang gencatan senjata pada tahun1949 setelah para pejuang kemerdekaan melawan tentara Belanda,” jelasnya.

Ia menambahkan, peringatan Hari Veteran Nasional tersebut berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni diadakan secara sederhana dan dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Peringatan hari veteran ini diadakan dengan sederhana, dan juga kami mendukung program pemerintah dalam masa pandemi saat ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Meksiko Bangun Tenda dan Kibarkan Bendera Palestina di Universitas

Pada peringatan Hari Veteran Nasional tersebut puluhan pejuang melakukan kunjungan dan tabur bunga di atas makam para pahlawan sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang kemerdekaan.

Hadir pada acara tersebut Lembaga Kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Lampung, Diana Rika, Pemuda Panca Marga (PPM) Lampung, juga Masyarakat Relawan Indonesia Lampung. (L/R12/B03).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.