Tingkatkan Volume Perdagangan, Indonesia-Visegard Gelar Bisnis Forum

Jakarta, MINA – Dalam rangka meningkatakan volume perdagangan dengan negara-negara Eropa Tengah, Kementerian Luar Negeri RI akan menyelenggarakan acara “Indonesia-Visegrad Group Business Forum 2019” pada Kamis (17/10).

Visegrud Group (disebut juga Visegrad Four atau V4) merupakan organisasi sub-kawasan Eropa Tengah yang beranggotakan empat negara, yaitu Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slowakia.

Menurut Teuku Faizasyah, Plt. Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, selama ini Indonesia kurang memaksimalkan potensi ekonomi dengan keempat negara itu.

“Ibu Menlu baru saja melakukan kunjungan bilateral ke negara-negara kawasan Eropa Tengah, setelah 20 tahun. Ini menandakan kurang gencarnya pemerintah Indonesia dalam memanfaatkan potensi Ekonomi ke Eropa Tengah,” kata Faizasyah saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (8/10).

Oleh karena itu, tujuan utama penyelenggaraan acara forum bisnis itu adalah untuk memaksimalkan kerjasama ekonomi yang telah terjalin antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Eropa Tengah.

Sekitar 100 pengusaha Indonesia dan negara V4 dari berbagai sektor akan mengikuti diskusi panel, business matching, dan klinik bisnis di acara tersebut.

Keempat negara itu telah mencatat kinerja ekonomi yang stabil dan tergolong tinggi diantara negara-negara Eropa lainnya.

Prospek kerja sama dengan negara-negara Visegrad terlihat semakin menjanjikan dengan pertumbuhan ekonominya yang melaju pesat dengan rata-rata 4,1persen jauh diatas rata-rata Uni Eropa (2 persen).

“Oleh karena itu. kami mengharapkan forum bisnis dengan Fisegrad Group yang pertama kali diadakan ini akan memantik terobosan-terobosan dan jaringan mitra dagang baru yang saling menguntungkan,” pungkas Faizasyah. (L/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)