TUJUH ORANG DIADILI KARENA PROVOKASI PEMBUNUHAN 10 ORANG MUSLIM DI ARAKAN

Tujuh Budha ditahan karena bunuh 10 Muslim (Photo: DVB)
Tujuh Budha ditahan karena bunuh 10 Muslim (Photo: DVB)

Taunggup, 13 Ramadhan 1435/11 Juli 2014 (MINA) – Pengadilan Distrik di Sandoway, yang resmi disebut Thandwe, di , mulai mengadili tujuh orang warga beragama  Budha  karena dituduh terlibat dalam pembunuhan 10 orang peziarah Muslim di Negara Arakan, Taunggup.

Para terdakwa dalam kasus  pembunuhan pada Juni lalu dituntut dengan KUHP pasal 302 dan 34. Demikian Democratic Voice of Burma (DVB) dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Pengacara Aye Nu Sein, yang mewakili enam kelompok, dan Kyaw Nyunt Maung yang mewakili terdakwa lainnya, mengajukan banding terhadap dakwaan yang disampaikan pada sidang pertama yang diadakan Kamis lalu.

“Tuduhan terhadap klien saya tidak sesuai dengan prosedur hukum,” kata Aye Nu Sein.

Pengadilan Tinggi Daerah Arakan diharapkan dapat memberikan putusan banding dalam waktu tujuh sampai sepuluh hari ke depan.

Pembunuhan ini terjadi di negara bagian Arakan, pada awal Juni 2012, di mana ratusan orang di Taunggup menyeret sepuluh orang dari sebuah bus yang penuh dengan peziarah Muslim dan menyiksa mereka sampai teasi. Bus kemudian dibakar dan sebagian  massa mengencingi korban.

Serangan itu dipicu oleh insiden bulan sebelumnya ketika tiga orang, dua di antaranya dianggap Muslim, dituduh memperkosa dan membunuh seorang wanita Buddhis setempat. Dua dari tersangka dijatuhi hukuman mati sementara seorang lagi bunuh diri  di penjara.

Polisi Arakan awalnya menangkap 30 orang dari 10 peziarah Muslim. Namun, saksi mata melaporkan bahwa polisi setempat di Taunggup berdiri dan menyaksikan massa main hakim sendiri dengan para peziarah.(T/P08/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0