Tulis Surat Terbuka, Yahudi Amerika Dukung Ilhan Omar

Washington, MINA – Orang-orang Yahudi, termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Naomi Klein menandatangani surat terbuka untuk mendukung anggota Kongres Minnesota, Ilhan Omar.

Surat itu menyatakan, dia telah keliru dituduh melakukan antisemitisme dan tidak ada , tentang memanggil peran “berbahaya” dari Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC) dalam politik Amerika, MEMO melaporkan pada Rabu (6/3).

Selanjutnya dikatakan, lobi pro-Israel telah memainkan peran sangat besar dalam menghasilkan dukungan kongres, yang hampir bulat untuk Israel dan menyatakan AIPAC serta kelompok lobi lainnya termasuk National Rifle Association (NRA) dan lobi bahan bakar fosil, telah memepengaruhi legislatif anti-demokratis pada politik AS.

“Kami berterima kasih kepada Ilhan Omar karena memiliki keberanian untuk melawan serta mengkritik Israel, ” ujar surat itu.

“Sebagai orang Yahudi dengan tradisi panjang keadilan sosial dan anti-rasisme, AIPAC tidak mewakili kami,” tulis mereka di akhir surat.

Mereka juga meminta orang Yahudi lainnya, untuk menandatangani surat terbuka.

Omar menghadapi tuduhan anti-Semitisme baik dari Demokrat atau Republik, serta poster-poster mengganggu di acara Partai Republik, yang menghubungkannya dengan serangan 9/11.

Tuduhan anti-Semitisme muncul setelah Omar mengatakan, ancaman Partai Republik terhadapnya karena ia mengkritik Israel, “semua tentang Benjamins, sayang!”, sehubungan dengan uang yang diduga dibayarkan kepada partai dan anggotanya untuk mendukungnya.

Ketika dia diminta untuk mengklarifikasi siapa yang membayar, dia mengutip AIPAC, yang sebelumnya membuat pengaruh keuangannya dalam politik AS. (T/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)