Turki-AS Susun Strategi Bersama Operasi di Suriah

Ankara, MINA – Kementerian Luar Negeri pada Jumat (25/5) menyatakan Turki dan Amerika Serikat telah menyusun strategi kerjasama di , Suriah Utara.

“Delegasi Turki dan AS bertemu di ibu kota Ankara. Kelompok Kerja Turki-AS untuk Suriah bertemu Jumat di Ankara untuk melanjutkan pembicaraan tentang Suriah dan isu-isu lainnya,” kata pernyataan itu.

“Para pejabat kedua negara telah menyusun strategi bersama (road map) untuk menjamin keamanan dan stabilitas jangka panjang kota Manbij,” kata Kemlu Turki. demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Menurutnya, Menlu Turki Mevlut Cavusoglu dan Menlu AS Mike Pompeo akan bertemu pada 4 Juni untuk mempertimbangkan rekomendasi dari kelompok kerja itu.

Pertemuan pertama kelompok kerja Turki-AS untuk Suriah diadakan Maret ini di Washington.

Dukungan militer AS untuk kelompok teroris YPG / PKK di Manbij menyulut ketegangan hubungan antara Ankara dan Washington.

Hal itu juga memunculkan kekhawatiran bentrokan militer antara kedua sekutu tersebut, menyusul kehadiran sekitar 2000 pasukan AS di Manbij.

Januari ini, Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun (Olive Branch Operation) di Afrin, Suriah utara untuk membersihkan kelompok-kelompok teroris dari daerah itu.

Setelah membebaskan kota Afrin, Ankara mengatakan akan memperluas operasinya lebih jauh ke timur ke Manbij, kecuali kelompok teroris YPG / PKK meninggalkan kota strategis itu. (T/R03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0