Turki Desak Dunia Ambil Tindakan terhadap Israel

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Ankara, MINA – Turki mengutuk serangan Israel di Al Aqsa, dan mendesak dunia untuk mengambil tindakan terhadap Israel.

Presiden Presiden Recep Tayyip Erdoğan dalam pernyataan pada Ahad (9/5), mendesak dunia untuk mengambil tindakan efektif terhadap serangan Israel di Al-Aqsa, Yerusalem, dan rumah-rumah Palestina.

“Yerusalem adalah dunia itu sendiri, dan Muslim di sana adalah kemanusiaan itu sendiri,” kata Erdoğan di Twitter. Hurriyet Daily melaporkan.

Dia berkata, melindungi kehormatan dan martabat kota suci Yerusalem adalah kewajiban setiap Muslim.

“Kami menganggap setiap serangan terhadap tempat ibadah, terutama Al-Aqsa, dan Muslim, sebagai serangan yang dilakukan terhadap kami,” ujarnya.

“Ini adalah tugas setiap individu yang menyebut diri mereka manusia, untuk menentang tiran yang menodai Yerusalem, rumah bagi yang suci bagi tiga agama,” imbuhnya.

Dia menegaskan, tetap diam atau tidak mengambil sikap yang signifikan terhadap serangan oleh Israel “tidak berbeda dengan mendukung mereka dan tirani yang terjadi di tanah Palestina.”

Erdogan pada Sabtui (8/5) mengutuk keras kekerasan Israel baru-baru ini terhadap jamaah di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

“Kami mengutuk keras serangan keji Israel terhadap kiblat pertama Masjid Al-Aqsa, yang dilakukan setiap Ramadhan,” katanya dalam tweet.

Erdogan juga menyatakan solidaritasnya terhadap rakyat Palestina, dengan mengatakan: “Sebagai Turki, kami akan terus mendukung saudara-saudari Palestina dalam segala keadaan.”

Erdoğan membagikan pesan dalam bahasa Turki, Arab, dan Ibrani melalui media sosial. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)