Turki Kirim 2 Kapal ke Mesir Bawa RS Lapangan dan Ambulans untuk Gaza

(Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Menteri Kesehatan Turkey pada Ahad (5/11) mengatakan, dua kapal Turki, yang memuat rumah sakit lapangan dan ambulans untuk orang-orang yang terluka di Jalur , telah diberi izin untuk memasuki pelabuhan .

“Kapal-kapal tersebut saat ini berada di perairan teritorial Turki dan dapat dikerahkan kapan saja untuk pengiriman rumah sakit lapangan dan ambulans yang ingin dikirim ke Mesir untuk merawat yang terluka,” kata Fahrettin Koca pada platform X, dikutip Anadolu Agency.

Koca mengatakan dia mengadakan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Mesir Khaled Abdel Ghaffar pada Sabtu malam mengenai warga Gaza yang tidak dapat mengakses layanan kesehatan akibat serangan .

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

Koca mengatakan, dalam pertemuan tersebut, mereka mencapai kesepakatan mengenai banyak hal penting.
“Kami melanjutkan upaya kami untuk membawa lebih dari 1.000 pasien dan orang yang terluka yang membutuhkan perawatan segera, termasuk pasien kanker yang menerima perawatan di Rumah Sakit Persahabatan Turkiye- di Gaza, yang harus menghentikan operasinya di tengah konflik baru-baru ini, melalui perbatasan penyebrangan darat Rafah ke Mesir,” kata Koca.

“Setelah ini, kami berencana untuk memindahkan pasien kanker dan mereka yang berada dalam kondisi darurat ke negara kami melalui pesawat ambulans dan rumah sakit kapal,” tambahnya.

Rumah Sakit Persahabatan Turkiye-Palestina di Gaza baru-baru ini terpaksa ditutup karena tidak ada aliran listrik akibat blokade Israel selama 30 hari di Gaza.(T/R5/P1)

Baca Juga:  34 Senator Partai Republik Desak Biden Hentikan Rencana Sambut Pengungsi Gaza

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.