TURKI KIRIM PULUHAN TANK KE IRAK UTARA

Konvoi tank M60 Turki dekat perbatasan Turki-Suriah di kota Kilis. (Foto: dok. Armyrecognition.com)
Konvoi tank M60 Turki dekat perbatasan Turki-Suriah di kota Kilis. (Foto: dok. Armyrecognition.com)

Ankara, 23 Safar 1437/5 Desember 2015 (MINA) – Seiring penyebaran 150 tentaranya di , , militer Turki juga mengirimkan 20 hingga 25 tank baja.

Militer telah merilis rincian program pelatihan bagi para pejuang Kurdi Peshmerga yang telah berjalan di Irak sejak setengah tahun lalu.

Tentara yang dikirim akan bertugas menggantikan pasukan pelatih sebelumnya. Anadolu Agency memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (6/12).

Sumber militer Turki mengatakan Sabtu, mereka telah melatih pejuang di empat provinsi di Irak utara untuk memerangi kelompok Islamic State (ISIS/Daesh).

“Pasukan baru Turki tiba di Mosul,” kata  Sefin Dizayi, Juru Bicara Pemerintah Daerah Kurdi (KRG) mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan.

Menurut KRG, peralatan militer Turki dan ahlinya untuk menggantikan unit yang ada di Irak utara sebelumnya.

Pasukan baru akan ditempatkan di kamp-kamp militer yang berbeda di wilayah Mosul, ditambah di distrik Soran dan Kalacholan dekat perbatasan Iran.

Menurut militer Turki, pasukan Peshmerga telah dilatih berperang dengan bom buatan sendiri dan menggunakan persenjataan berat seperti senapan mesin, mortir dan artileri. Mereka juga menerima pelatihan pertolongan pertama.

Lebih dari 2.500 Peshmerga, termasuk perwira tinggi, telah mengikuti pelatihan Turki.

Wakil Menteri Peshmerga KRG, Mayor Jenderal Karaman Kemal Omar mengatakan, pelatihan yang diberikan tentara Turki membuat kontribusi besar untuk operasi pasukan Kurdi Irak, terutama untuk merebut kembali kota Sinjar dari ISIS pada 12 November 2015.

Sinjar adalah kota yang terletak 120 kilometer (74 mil) sebelah barat Mosul dengan mayoritas Kurdi Yazidi. Kota jatuh ke tangan ISIS pada Agustus 2014.

Hingga saat ini, sebagian wilayah Mosul menjadi markas ISIS di Irak. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0