TURKI SERUKAN BENTUK ZONA AMAN BAGI PENGUNGSI DI SURIAH

Turki Bentuk Zona Aman bagi Pengungsi Suriah (Foto : AA)
Bentuk Zona Aman bagi (Foto : AA)

Ankara, 7 Dzulhijjah 1435/30 September 2014 (MINA) – Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan,  Turki ingin mempermudah hidup para pengungsi Suriah dengan mendirikan zona aman di wilayah Suriah di sebelah perbatasan.

Berbicara di New York pada Senin (29/9) Cavusoglu mengatakan: “Sebuah zona aman di dalam Suriah sangat penting untuk membuat hidup lebih mudah bagi para pengungsi Suriah.”

Turki menghadapi Gelombang besar pengungsi dari Suriah,  lebih dari 1,5 juta akibat melarikan diri selama perang saudara sebagai tetangga sebelah  utara Suriah.

Serangan terbaru oleh kelompok di kota Kobani telah membuat lebih dari 160.000 orang menyeberangi perbatasan menuju ke Turki selama 10 hari.

Menanggapi aliansi melawan ISIL, Cavusoglu memenuhi seruan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon selama kunjungannya, terkait strategi “komprehensif” untuk menghadapi kelompok teror.

Dia juga menginformasikan kepada Ban tentang langkah-langkah yang telah dilakukan Turki untuk menghentikan pejuang asing melewati wilayahnya guna bergabung dengan kelompok ekstrimis di Suriah dan Irak.

Selain krisis kemanusiaan di perbatasan, pertempuran antara ISIL dan Kurdi Peshmerga sekitar Kobani telah membuat artileri persenjataan jatuh di sisi perbatasan Turki.

Tank Turki telah mengambil posisi menghadap Suriah setelah mortir jatuh di wilayah Turki, melukai tiga warga sipil selama seminggu. (T/P002/r01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0