UE Prihatin Israel Akan Perluas Serangan Darat ke Kota Rafah

Uni Eropa di Brussels, belgia. (Photo: AA)

Brussels, MINA – menyatakan keprihatinannya yang mendalam atas laporan bahwa militer pendudukan Israel bermaksud menyerbu kota di titik paling selatan Jalur Gaza, tempat lebih dari satu juta orang mengungsi dan menghindar dari agresi Israel yang kini memasuki hari ke-120. Demikian dikutip dari Memo, Ahad, (4/2).

Diplomat utama UE, Josep Borrell memperingatkan bahwa perang kemungkinan akan menyebar ke seluruh kawasan Timur Tengah kecuali gencatan senjata tercapai, dan memperingatkan bahaya terkait dengan invasi Israel ke kota berpenduduk padat tersebut.

Berbicara di Brussels, di mana ia memimpin pembicaraan informal di antara para menteri luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell mengatakan bahwa sekitar 1 juta warga Palestina “telah mengungsi secara bertahap ke perbatasan Mesir. Mereka mengklaim bahwa wilayah tersebut adalah zona aman, namun kenyataannya apa yang kita lihat adalah pemboman tersebut dampaknya terhadap penduduk sipil terus berlanjut dan hal ini menciptakan situasi yang sangat mengerikan.”

Prospek invasi darat pendudukan Israel ke Rafah telah menimbulkan kekhawatiran tentang ke mana penduduk akan pergi mencari keselamatan. PBB mengatakan kota ini menjadi “penyebab keputusasaan”.

“Kita sedang menghadapi situasi kritis di Timur Tengah, di seluruh kawasan,” katanya. “Selama perang di Gaza terus berlanjut, sangat sulit dipercaya bahwa situasi di Laut Merah akan membaik, karena satu hal saling berkaitan.”

Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib, yang negaranya saat ini menjabat sebagai presiden bergilir Uni Eropa, memperingatkan adanya risiko nyata meluasnya perang tersebut.

“Ini merupakan keprihatinan besar. Kami meminta kita menahan diri, dan kami meminta dialog dan diplomasi. Ini adalah satu-satunya cara kita dapat menenangkan situasi di Timur Tengah,” katanya kepada wartawan.

Borrell juga menyatakan keprihatinannya mengenai nasib badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina (UNRWA), setelah Amerika Serikat dan beberapa negara lain menangguhkan pendanaan mereka untuk penyedia bantuan kemanusiaan terbesar di Gaza.

Borrell mengatakan mayoritas menteri yang hadir dari 27 negara UE percaya bahwa pekerjaan UNRWA sangat penting. Meskipun beberapa negara telah membekukan dukungan mereka, Borrell mengatakan bahwa menteri-menteri lain memberitahunya bahwa pemerintah negara-negara tersebut akan meningkatkan pendanaan.

“UNRWA telah memainkan peran penting untuk mendukung pengungsi Palestina, dan tidak hanya di Gaza” tetapi juga di Lebanon dan Yordania, kata Borrell. “Siapa yang bisa menggantikannya dalam semalam?” Dia mengatakan UE menyambut baik penyelidikan yang diluncurkan oleh badan tersebut. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.