Ukir Sejarah, Pertama Kali Indonesia Lolos ke Babak Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)

Solo, MINA – U-23 mengukir dengan lolos ke babak final untuk pertama kalinya, setelah mengalahkan Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0.

Pertandingan penentuan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Turkmenistan berakhir dengan kemenangan bagi Garuda Muda di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa malam (12/9).

Bertanding di depan Presiden RI Joko Widodo dan puluhan ribu suporter tuan rumah, Rizki Ridho dkk mendominasi penguasaan bola pada babak pertama, tetapi cukup kesulitan mencetak gol.

Beberapa peluang emas Timnas Indonesia yang tercipta masih membentur rapatnya pemain tim tamu yang menumpuk di depan gawang.

Namun pada akhirnya, gol tercipta dari kaki Ivar Jenner yang menendang bola dari luar kotak penalti pada menit ke-40.

Sundulan pemain bertahan Turkmenistan justru membuat bola berbelok arah.

Kiper Turkmenistan Ahallyyev Rustem jadi mati langkah dan hanya memandangi bola masuk ke gawangnya. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Di babak kedua pertandingan berlangsung alot tanpa gol di waktu normal.

Namun, unggul satu gol tidak mengendurkan gempuran Timnas Indonesia kepada lawan. Itu berbuah hasil pada menit ke-2 injury time dengan gol sundulan Pratama Arhan. Skor 2-0 untuk Indonesia.

Indonesia pun menjadi juara Grup K dengan perolehan 6 poin dan berhak ke putaran final di Qatar 2024. Sementara Turkmenistan mengincar posisi runner up terbaik dari seluruh grup.

Sejak pertama kali kejuaraan ini diselenggarakan pada 2013, Timnas Indonesia U-23 sama sekali belum pernah ikut. Garuda Muda selalu kandas di babak kualifikasi. (L/RI-1/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.