Universitas Terbaik Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Jakarta, MINA – Webometrics Ranking of World Universities 2021 kembali merilis daftar di dunia dan mencatat Universitas Gajah Mada () Yogyakarta sebagai universitas terbaik di Indonesia.

UGM duduk di peringkat 810 Webometrics Ranking of World Universities 2021. Demikian keterangan pers yang diterima MINA, Sabtu (6/2).

Dilansir dari situs resmi Webometrics, Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Webometrics Ranking of World Universities telah melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia sejak tahun 2004. Pemeringkatan universitas terbaik ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Pada tahun ini, terdapat sekitar 31.000 perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Webometrics Ranking of World Universities melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan sejumlah indikator dan metodologi. Di antaranya sebagai berikut:

Pertama, Visibilitas: yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih).

Kedua, Impact: semakin banyak backlink dari situs luar akan berpengaruh pada aspek ini.

Ketiga, openness: aspek ini diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

Keempat, excellence: dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika universitas tersebut.

Berikut 10 urutan Universitas Terbaik di Indonesia 2021 versi Webomatrics:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Pertanian Bogor
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Airlangga

6. Institut Teknologi Bandung
7. Universitas Bina Nusantara
8. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Jember (R/R11/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.