UNTUK HADAPI CHINA, ANGGARAN PERTAHANAN JEPANG CAPAI REKOR LIMA TRILIUN YEN

 

Latihan bersama Marinir AS dan Pasukan Beladiri Jepang
Latihan bersama Marinir AS dan Pasukan Beladiri

 

Tokyo, 13 Rabiul Awwal 1437/25 Desember 2015 (MINA) – Belanja pertahanan Jepang berdasarkan anggaran tahun fiskal 2016, yang disepakati kabinet Kamis, meningkat melampaui angka ¥ 5 triliun untuk pertama kalinya, didorong oleh pengeluaran untuk memperkuat pertahanan di pulau-pulau terpencil guna menanggapi ekspansi maritim .

yang disisihkan untuk tahun keuangan yang dimulai April mendatang itu  mencapai rekor 5.054.1 miliar yen atau US$ 40 miliar, melampaui rekor tertinggi sebelumnya  sebesar 4,980.1 miliar yen pada tahun fiskal 2015 dan meningkat selama empat tahun berturut-turut, Jiji Press, seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan Kamis.

Dengan Departemen Pertahanan menghadapi meningkatnya kebutuhan untuk pengadaan peralatan bagi pertahanan pulau terpencil, belanja pertahanan Jepang mungkin tetap pada tingkat tinggi pada tahun-tahun mendatang.

Untuk meningkatkan kegiatan peringatan dini dan pengintaian di sekitar Kepulauan Senkaku di Prefektur Okinawa, Jepang selatan, kementerian tersebut menganggarkan dana senilai ¥ 102,6 miliar bagi pengadaan 17 helikopter pengintai SH-60K dengan kemampuan serangan meningkat. Angka ini berdasarkan kontrak yang juga mencakup pembayaran untuk tahun fiskal 2017 dan seterusnya .

Pemerintah Jepang menyetujui Kamis rencana anggaran umum 2016 dengan rekor pengeluaran mencapai 96.721,8 miliar yen yang terutama mencerminkan biaya medis dan pensiun di tengah penuaan cepat populasi negara itu dan pengeluaran negara terkait untuk mendukung keluarga yang membesarkan anak.

Pengeluaran umum akan mencapai rekor tinggi untuk tahun keempat berturut-turut berdasarkan anggaran awal.

Rancangan anggaran juga termasuk pengeluaran untuk langkah-langkah yang bertujuan menciptakan masyarakat yang memungkinkan keterlibatan dinamis pada semua orang,  suatu kebijakan penting pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Dengan penerimaan pajak mencetak rekor tinggi dalam 25-tahun terakhir, pemerintah berencana mengurangi emisi obligasi baru, termasuk pembelian kembali obligasi senilai ¥ 2,4 triliun dari awal tingkat anggaran bagi tahun fiskal 2015.

Pemerintah akan menyerahkan rancangan anggaran itu untuk dibahas parlemen Jepang, Diet, tahun depan, yang dijadwalkan mulai 4 Januari, sehingga dapat disahkan sebelum akhir tahun fiskal 2015. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.