Ustaz Abul Hidayat: Zakat adalah Hak Allah

Cileungsi, MINA – Ustaz Abul Hidayat Syaerodji mengingatkan kepada segenap umat Islam agar menunaikan , baik fitrah maupun maal, karena hal itu merupakan hak Allah yang harus ditunaikan.

“Di bulan ini, kami ingatkan kepada segenap jamaah dan seluruh umat Islam, agar menunaikan zakat yang merupakan hak Allah, kewajiban bagi umat Islam yang harus ditunaikan. Hak Allah itu dalam Al-Quran diperuntukkan untuk delapan golongan yang sudah ditentukan,” kata Abul Hidayat dalam ceramah Subuh di Masjid At-Taqwa, Pon pes Al-Fatah, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Ahad (10/6).

Ustaz Pembina Pondok Pesantren Al-Fatah se-Indonesia itu memberikan contoh, pada zaman Abu Bakar radhiallahu anhu yang memerangi orang-orang yang tidak membayar zakat, meskipun mereka mengucapkan syahadat.

Lebih lanjut, ulama penulis buku Balada Seorang Dai itu menyatakan, zakat yang harus diperhatikan bagi seorang Muslim adalah pada zakat maalnya yang meliputi zakat profesi, perniagaan, pertanian investasi dan lainnya sesuai yang telah ditetapkan para ulama.

“Inti dari zakat itu adalah peningkatkan kesejahteraan melalui program-program pemberdayaan umat. Inilah hikmah Ramadhan dan zakat, yaitu Islam sangat peduli dengan persoalan sosial, ekonomi dan masyarakat,” paparnya.

Masjid At-Taqwa yang berlokasi di kompleks pondok pesantren Al-Fatah itu menerima dan menyalurkan zakat fitrah dan maal dari umat Islam. Masjid itu saat ini juga membuat program itikaf yang diikuti oleh ratusan jamaah. (L/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0