Ustaz Husein Alatas: Ada Dua Ancaman Manusia di Dunia

Cibubur, MINA – Ulama sekaligus Pembina Radio Silaturahim () Habib Husein Alatas mengebut ada dua hal yang menjadi ancaman bagi manusia di dunia.

Menurutnya, ancaman yang pertama, manusia terbuai bersama angan-angan hingga lupa akan tujuan hidup, lupa memperbaiki diri untuk mengharapkan keridhaan Allah.

“Adapun panjangnya angan-angan membuat diri kita lupa untuk kembali kepada Allah dengan bertaubat kepadanya,” katanya dalam acara Halal Bihalal yang diselenggarakan Radio Silaturahim (Rasil) di Cibubur, Bekasi, Sabtu (30/6).

Ia melanjutkan ancaman yang kedua bagi manusia yaitu, mengikuti hawa nafsu.

“Dia (hawa nafsu) menyesatkan kamu dari jalan Allah. Oleh karena itu tidak mungkin bisa bersatu, seorang yang membesarkan Allah dan seoarang yang membesarkan dunia ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, orang yang membesarkan dunia tidak mungkin mengagungkan dan membesarkan Allah, walaupun berpakaian agama, hafidz Al-Quran, alim ulama, walaupun terlibat dalam berbagai macam aktivitas dakwah, agama hanya sebagai kendaraan dan alat baginya di dunia.

“Agama hanya menjadi alat pembenaran bukan untuk memperjuangkan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa Allah menerangkan kepada manusia melaui ibadah puasa, agar hati kita fokus dengan beribadah kepada-Nya.

“Ramadhan yang diturunkan di dalam Al-Quran, Allah menyebutkan Ramadhan sebagai tempat untuk beribadah puasa dan mendekatkan diri kepada-Nya,” ucapnya.

Ia menambahkan, di dalam Al-Quran mengatakan bahwa agama sebagai petunjuk dari Allah.

“Tanpa petunjuk ini, kita akan hidup dalam kegelapan seperti umat manusia pada masa jahiliyah, tanpa petunjuk ini, alim ulama tidak bisa mengeluarkan manusia menuju tempat yang terang benderang. Seperti Rasulullah memulai dakwahnya membimbing umat manusia melalui Al-Quran menuju cahaya terang, jalan yang diridhai Allah,” tambahnya. (L/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.