Wakil PM Turki: Kudeta Tidak Berdampak pada Perekonomian

Ankara, 14 Syawal 1437/19 Juli 2016 (MINA) – Wakil Perdana Menteri Mehmet Simsek, mengatakan bahwa aksi yang dilakukan oleh elit kecil militer tidak berdampak pada perekonomian negara.

Berbicara menjelang pembukaan pasar Bloomberg TV, Senin (18/7), Simsek menegaskan, Turki akan menjadi salah satu perekonomian yang tumbuh paling cepat di antara negara-negara Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pada tahun 2016.

“Hal ini jelas bahwa upaya kudeta hanya berdampak kecil pada perekonomian Turki,” kata Simsek, demikian Anadolu Agency (AA) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Ia mengungkap, pada kuartal pertama 2016, PDB Turki meningkat sebesar 4,8 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, membuat Turki menjadi salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di Eropa dan di antara anggota OECD.

“Kami sebelumnya memiliki mimpi buruk dan tertinggal dari negara lain. Pesan kami sangat jelas, tidak perlu panik,” katanya

Simsek mengatakan Turki akan melanjutkan reformasi ekonomi dan fundamental makroekonomi tetap berlanjut.

Sementara Menteri Ekonomi Turki, Nihat Zeybekci, menyetujui reformasi ekonomi. “Meskipun semua upaya tidak demokratis, perekonomian kita akan terus berfungsi sempurna,” kata Zeybekci.

Menurutnya, statistik menunjukkan ekspor Turki naik 3,3 persen dalam lima bulan pertama tahun ini. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.