Wakil Rektor UIN Bandung: Psikologi Islam Harus Maju

Bandung, 22 Jumadil Awwal 1437/1 Maret 2016 (MINA) – Dengan mengembangkan nilai-nilai Islam pada Psikologi yang bersumber dari Al-Quran ini diharapkan mampu memberikan nalar dan motivasi yang melahirkan dengan memperhatikan nilai-nilai Ilahiyyah baik ayat-ayat kauniyah maupun qauliyah.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor (WR) I UIN SGD Bandung, Asep Muhyiddin dalam sambutannya saat membuka secara resmi Dies Natalis ke X Fakultas Psikologi bertajuk “Sinergi untuk Kemajuan” di Aula Mutlipurpose, beberapa waktu lalu, demikian laporan dari laman resmi UIN Bandung yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Momentum Dies Natalis ke-X ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merenungkan dan mengevaluasi yang berkaitan dengan tugas dan amanah yang diemban, sehingga membawa perubahan yang lebih baik dan maju bagi perkembangan Psikologi Islam,” ujar Muhyiddin.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Psikologis, Agus Abdul Rahman juga mengatakan, upaya mewujudkan Fakultas Psikologi yang berkemajuan ini salah satu caranya dengan menjadikan, momentum Dies Natalis ke-X ini sebagai simbol untuk mewujudkan Psikologi lebih maju.

“Sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pencapaian yang telah diraih ini, mari kita bersama-sama bergandengan tangan, bahu-membahu untuk mengembangkan Psikologi, sehingga keberadaanya diakui oleh masyarakat, bukan hanya klaim semata,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Sarbini menjelaskan, hitungan ini didasarkan pada lahirnya Fakultas Psikologi 2005. Walaupun baru kali ini Fakultas Psikologi menyelenggarakan Dies. Gagasan ini muncul sejak kepemimpinan Adang. Akan tetapi baru bisa dilaksanakan di awal kempimpinan Agus.

Pada kesempatan ini Fakultas memberikan Life Achievement Award bagi peletak dasar pondasi jurusan Psikologi, Tati SD, sepuluh besar lomba karya ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemenag, Hafidzoh lima juz dan sepuluh juz Al-Quran, Juara I tim basket Putri pada Liga UIN SGD Bandung.

“Saya bangga atas keterlibat semua ini. Mudah-mudahan keberadaan psikologi ini lebih maju, semarak dan bermanfaat bagi masyarakat karena kelebihan Psikolgi UIN SGD Bandung dengan Psikologi lainya itu akhlaknya, sehingga dalam pengembangan Psikologi Islam harus tetap menjaga akhlaknya,” ujar Tati. (T/P006/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.