Wali Kota Bengkulu Kirim Surat ke FIFA Tolak Timnas U-20 Israel ke Indonesia

Bengkulu, MINA – , ikut menolak di . Bahkan ia sampai mengirim surat ke Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Kota Bengkulu sebagai Ibu dari Sang Saka Merah Putih menolak tegas Timnas U-20 Israel untuk ikut berkompetisi di Indonesia, sebagaimana FIFA tidak memasukkan Rusia dalam Piala Dunia Qatar 2022,” jelas Helmi, Senin (27/3).

“Ini dalam rangka melaksanakan mandat dalam Pembukaan UUD 1945, juga melaksanakan mandat Presiden Pertama RI, Soekarno, yang juga berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina dan menghargai komitmen negara-negara yang juga mendukung kemerdekaan Palestina,” imbuh dia.

Dalam suratnya, Helmi juga mengingatkan Bengkulu merupakan kota kelahiran istri Soekarno, Fatmawati. Sebab itu, ia menegaskan komitmen Soekarno yang mengecam penjajahan Israel ke Palestina, harus ditegakkan.

Namun, yang perlu dicatat, Bengkulu bukanlah 1 dari 6 tuan rumah yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Mereka adalah: Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Jakarta, Bali, dan Jawa Tengah.

“Pembukaan UUD 1945 menyatakan, ‘kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh karena itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan kemanusiaan dan keadilan,” jelas Helmi.

“Kebijakan politik Israel kepada Palestina tidak sejalan dengan kebijakan politik Indonesia, dan tidak ada kesepakatan diplomatik antara Indonesia dan Israel,” tegas dia. (R/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.