Wali Kota Jaksel Tinjau Kondisi GOR Pasar Minggu

Jakarta Selatan, MINA – Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali bersama jajarannya meninjau kondisi Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pasar Minggu yang akan digunakan sebagai tempat tinggal sementara warga terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“GOR harus dicek kesiapannya. Kita tidak ingin warga yang tidak memiliki hunian akibat terdampak PSBB berkeliaran dan tidur di jalan,” kata Marullah dalam keterangan yang diterima MINA, Kamis (30/4).

Marullah juga mengingatkan seluruh jajarannya agar tetap memastikan sarana dan prasarana di GOR Pasar Minggu dalam kondisi siap pakai. Terutama kesiapan dari sisi utilitas, sanitasi dan dapur umum.

“Diharapkan dalam pelaksanaan PSBB kita semakin solid dan bisa memberikan ketenangan bagi warga sekitar,” tambahnya.

Baca Juga:  Akses Jalur Utama Bukittinggi-Padang Terputus Akibat Banjir Bandang di Lembah Anai

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyiapkan sembilan GOR di wilayahnya sebagai tempat tinggal sementara warga yang tak memiliki hunian akibat terdampak pandemi COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sembilan GOR yang disiapkan tersebut untuk warga yang kesulitan finansial hingga tidak mampu membayar sewa hunian tetap bisa mendapatkan tempat tinggal layak.

Kemudian, Kepala Unit Pengelola Gelanggang Remaja Jakarta Selatan (GRJS), Reinhard mengatakan, tim penanganan COVID-19 yang akan mengatur daya tampung masing-masing GOR. Diperkirakan daya tampung antara 300 hingga 1.000 orang. Jadi bervariasi tergantung ukuran GOR.

Ia menyebutkan, sembilan GOR yang disiapkan terdiri dari GOR Kecamatan Jagakarsa, GOR Kecamatan Kebayoran Lama, GOR Kecamatan Pancoran, GOR Kecamatan Pesanggrahan, GOR Kecamatan Mampang Prapatan, GOR Kecamatan Pasar Minggu, GOR Kecamatan Kebayoran Baru, GOR Remaja Kecamatan Tebet dan GOR Remaja Kecamatan Cilandak.

Baca Juga:  Menag Lepas Keberangkatan 388 Jamaah Haji Kloter Pertama

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, sekitar 25 GOR yang tersebar di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu sudah dapat difungsikan.

Firdaus menjelaskan, Dispora hanya menyiapkan fasilitas GOR, sSedangkan, untuk fasilitas penunjangnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Berdasarkan data kebutuhan dari Satpol PP DKI Jakarta terdapat enam GOR berada di Jakarta Pusat, satu GOR di Jakarta Utara, enam GOR di Jakarta Barat, lima GOR di Jakarta Selatan, lima GOR di Jakarta Timur, dan dua GOR di Kepulauan Seribu. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)