Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wamenag: Al-Quran Tonggak Inspirasi Kemajuan Umat Manusia

Rendi Setiawan - Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:47 WIB

Kamis, 25 Agustus 2022 - 22:47 WIB

1 Views ㅤ

Banjarmasin, MINA – Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, Al-Quran merupakan tonggak inspirasi perubahan dan kemajuan umat manusia.

Al-Quran, kata dia, juga merupakan pedoman dan tuntunan umat Islam baik secara individu maupun sebagai umat yang membahas tentang berbagai hal yang meliputi seluruh dimensi kehidupan.

“Sebagai pedoman dan tuntunan hidup, Al-Quran diturunkan oleh Allah bukan hanya untuk sekadar dibaca saja, tetapi harus dipahami, dihayati, serta diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Zainut dalam sambutannya pada Launching MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (25/8).

“Petunjuk dan pesan-pesan Al-Qur’an memuat prinsip-prinsip dasar dan fondasi umum, nilai-nilai universal sebagai landasan hidup kita. Al-Qur’an telah menjadi tonggak inspirasi perubahan dan kemajuan besar bagi umat manusia,” tambahnya.

Baca Juga: Menhan RI dan Dubes Arab Saudi Bahas Kolaborasi Militer 

Zainut menjelaskan, ayat pertama dalam Al-Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw merupakan bukti bahwa ajaran tersebut membawa inspirasi bagi umat manusia. Karenanya, kata dia, umat Islam harus terus belajar untuk membuka pemahaman yang lebih mendalam.

“Bacalah merupakan perintah Tuhan. Ini ayat yang pertama diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, memberikan satu pemahaman kita harus membaca, kita harus terus membuka cakrawala agar bisa melihat lebih luas dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam,” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Syamsul Bahri, Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Quran dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty, Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin, serta para tamu undangan. (L/R2/R1)

 

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Tiga Wakil Menteri Baru

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Kolom
Khutbah Jumat
Tausiyah
Tausiyah
Indonesia