Xi dan Putin Desak Pemimpin Dunia Gabung Inisiatif Jalan Cina

KTT BRI (Inisiatif Sabuk dan Jalan) Cina di Beijing, 25-27/4. (Foto: itl.gov.cn)

Beijing, MINA – Presiden Cina dan mitranya dari Rusia meminta para pemimpin dunia untuk menolak kebijakan Amerika Serikat (AS) yang proteksionis dan bergabung dengan Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) Cina.

Berbicara pada hari terakhir KTT BRI di Beijing pada Sabtu (27/4), Xi memohon kepada para pemimpin dari 37 negara dari Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Latin “untuk membangun ekonomi dunia yang terbuka dan menolak proteksionisme.”

Kebijakan luar negeri Xi itu bermaksud membangun kembali Jalan Sutra kuno untuk menghubungkan Asia ke Eropa dan Afrika melalui investasi besar-besaran dalam proyek-proyek maritim, jalan dan kereta api, dengan ratusan miliar dolar pembiayaan dari bank-bank Cina.

“Kita perlu mendorong partisipasi penuh lebih banyak negara dan perusahaan, sehingga memperluas kepentingan bersama,” katanya lebih lanjut kepada para pemimpin yang menghadiri acara tiga hari itu, demikian Press TV melaporkan.

Berbicara di forum itu pula, Putin juga menyerukan tanggapan global melawan proteksionisme, sanksi sepihak dan “perang dagang” yang dibuat AS.

“Kami berpikir bahwa hanya ketika kita bersatu kita dapat mengatasi tantangan akut di tengah perlambatan ekonomi global dan kesenjangan antara negara dalam hal kesejahteraan dan teknologi,” tambah Putin. (T/RI-1/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.