19 Tahun Palestina Mengenang Rachel Corrie

Sembilan belas tahun yang lalu, orang di mana pun berada mengenal nama . Aktivis solidaritas Amerika Serikat berusia 23 tahun itu sudah dikenal oleh penduduk Rafah, selatan , dan dengan siapa dia menghabiskan hari-hari terakhirnya.

Dia kemudian menjadi berita nasional di wilayah Palestina, selama tahun kedua Intifada Kedua.

Rachel Corrie meninggal, tertimpa beban buldoser militer Israel. Dia mencoba menghentikan mesin seberat 80.000 pon dari menghancurkan rumah-rumah Palestina di sepanjang perbatasan Mesir.

Kematiannya adalah cerita yang tidak biasa bagi internasional, yang sering melaporkan kematian warga Palestina, kebanyakan tanpa menyebut nama mereka.

Kematiannya juga merupakan cerita yang tidak biasa bagi orang Palestina, yang tidak terbiasa melihat orang asing, bahkan jika seorang aktivis solidaritas, menemui kematian yang begitu kejam di negara mereka.

Tanggal 16 Maret, sembilan belas tahun berlalu, orang-orang Palestina masih mengingatnya dengan berbagai cara.

“Rachel Corrie mewakili awal solidaritas global dengan Palestina seperti yang kita lihat tumbuh dan berbuah hari ini,” kata Mohammad Hamayel, seorang jurnalis Palestina yang berbasis di Ramallah, kepada The New Arab.

Hamayel berusia tiga puluhan dan termasuk generasi muda yang tumbuh melalui Intifada kedua, ketika solidaritas internasional terutama diwakili oleh aktivis seperti Corrie, melalui kehadiran fisik mereka di Palestina.

“Corrie adalah pelopor solidaritas internasional dengan rakyat Palestina,” kata Hamayel. “Saya merasa dia juga menetapkan standar bagi para aktivis di seluruh dunia dalam hal berdiri bersama Palestina.”

Menurut Hamayel, warisan Rachel Corrie “mulai berbuah” di tingkat internasional.

Warga Palestina lainnya seperti Emad Saleh, seorang karyawan muda di sebuah perusahaan komunikasi di Ramallah, memandang Rachel Corrie sebagai “simbol pengorbanan”.

Baca Juga:  Israel Lakukan 685 Pelanggaran di Yerusalem Selama Bulan April

“Bagi orang asing yang datang ke Palestina dan mati seperti itu, itu adalah pengorbanan yang sangat besar,” katanya kepada The New Arab. “Saya pribadi melihatnya sebagai simbol perlawanan Palestina,” tegasnya.

Haneen Hanna, seorang pekerja pariwisata yang berbasis di Bethlehem, mengatakan bahwa “Rachel memberi contoh yang jauh lebih tinggi daripada sebagian orang Arab, yang banyak berbicara tentang Palestina, tetapi tidak pernah menunjukkan komitmen yang nyata.”

Di sebuah kafe populer di Ramallah, The New Arab bertemu dengan anak-anak muda Palestina yang tumbuh setelah Intifada kedua, dan tidak ingat hari-hari ketika Rachel Corrie berada di Rafah.

“Dia adalah seorang aktivis perdamaian Amerika yang dibunuh oleh pendudukan,” kata Ahmad Kheiri, seorang mahasiswa berusia 21 tahun, kepada The New Arab. “Saya tidak tahu lebih banyak tentang dia,” katanya.

Kheiri dan teman sekelasnya, Basel Nasser, belum pernah membaca surat apa pun yang ditulis Rachel Corrie di rumah selama tinggal di Jalur Gaza. Dalam salah satu surat itu, tertanggal 7 Februari 2003, sedikit lebih dari sebulan sebelum kematiannya, Rachel Corrie menulis:

“Tapi begitu Anda melihat laut dan tinggal di tempat yang sunyi, di mana air diterima begitu saja dan tidak dicuri di malam hari oleh buldoser, dan sekali Anda menghabiskan malam ketika Anda tidak bertanya-tanya apakah dinding rumah Anda mungkin tiba-tiba jatuh ke dalam membangunkan Anda dari tidur Anda, dan setelah Anda bertemu orang-orang yang tidak pernah kehilangan siapa pun, setelah Anda mengalami realitas dunia yang tidak dikelilingi oleh menara pembunuh, tank, “permukiman” bersenjata dan sekarang raksasa dinding logam, saya ingin tahu apakah Anda dapat memaafkan dunia untuk semua tahun masa kecil Anda yang dihabiskan saat ini—hanya eksis—dalam perlawanan terhadap cengkeraman konstan militer terbesar keempat di dunia—didukung oleh satu-satunya negara adidaya di dunia—di dalamnya mencoba untuk melenyapkanmu dari rumahmu.”

Baca Juga:  Mahasiswa Generasi Baru di AS Beri Harapan kepada Palestina

“Ini tidak dibaca seperti orang asing,” seru Kheiri setelah membaca kata-katanya.

“Saya akan mengira ini adalah Ghassan Kanafani atau Hussein Barghouthi!” tambah Nasser.

Di kafe yang sama, seorang warga Palestina lain berusia enam puluhan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, membaca baris-baris Corrie dan merenung, “Itu adalah seseorang yang benar-benar memahami penyebabnya.”

“Ini adalah seseorang dengan rasa kemanusiaan yang besar, saya berharap kita memiliki beberapa pemimpin Arab seperti dia,” tambahnya.

Kondisi Rachel Corrie setelah dilindas buldoser Israel di Rafah, Gaza, 16 Maret 2003. (Twitter)

Di tempat lain di Palestina, Rachel Corrie telah dijunjung sebagai ikon selama bertahun-tahun.

Di Museum Yasser Arafat di Ramallah, di mana pengunjung dapat melakukan tur di dalam apa yang dulunya menjadi kantor Arafat, dua potret tergantung di belakang meja Arafat. Salah satu dari Tom Hurndall, fotografer Inggris yang dibunuh oleh penembak jitu Israel di Gaza pada tahun 2004; foto yang lain adalah Rachel Corrie.

Pengunjung diberi tahu bahwa Arafat menggantung potret Corrie di kantornya setelah kematiannya, di mana dia melihatnya setiap hari sampai penyakit terakhirnya, di mana dia meninggalkan Ramallah untuk terakhir kalinya pada akhir 2004.

Tempat lain di mana Rachel Corrie hadir adalah di Al-Haq, organisasi hak asasi manusia Palestina, yang dicap sebagai ‘teroris’ oleh Israel pada Oktober lalu. Di koridor unit advokasi internasional di kantor Al-Haq di Ramallah, potret lama Rachel Corrie menyambut pengunjung.

Baca Juga:  Israel Buka Kembali Penyeberangan Erez ke Gaza

“Pada 2015, keluarga Rachel mengunjungi Palestina dan datang ke Al-Haq,” kata Wesam Ahmad, peneliti senior di unit advokasi internasional Al-Haq. “Kami memberikan nama Rachel Corrie untuk program magang internasional Al-Haq, di mana banyak magang muda datang dari seluruh belahan dunia untuk mendapatkan pengalaman praktis di bidang hak asasi manusia di Palestina,” katanya.

“Praktik hukum HAM di Palestina merupakan bentuk solidaritas,” jelas Ahmed.

“Rachel Corrie memberikan ekspresi solidaritas dan komitmen tertinggi terhadap nilai-nilai hak asasi manusia, dan itulah mengapa dia menjadi inspirasi bagi kami,” tegasnya.

Ahmad lebih lanjut berpikir bahwa warisan Rachel Corrie sangat penting pada saat ini, ketika beberapa pemerintah Arab telah menormalkan hubungan dengan Israel, ketika Palestina merasa “kecewa” dengan “standar ganda internasional”, mengacu pada kecaman luas atas perang Rusia di Ukraina.

“Sebagai orang Palestina, kami mengidentifikasikan diri bersama orang Ukraina yang harus meninggalkan rumah mereka karena invasi asing,” kata Ahmad. “Tapi sepertinya dunia sudah normal melihat orang Palestina mengalami pengalaman yang sama.”

“Rachel mewakili perasaan individu manusia yang seringkali tidak diwakili oleh pemerintah,” kata Ahmad. “Jenis perasaan manusia yang membuat seseorang menolak untuk menormalkan realitas yang tidak adil, bahkan jika itu dengan mengorbankan kepentingan pribadi atau bahkan nyawa seseorang.”

Keluarga Rachel Corrie mengajukan gugatan terhadap pemerintah Israel setelah kematiannya. Pada 2012, pengadilan Israel memutuskan bahwa kematian Corrie adalah “akibat kecelakaan yang dia alami sendiri.”

Keluarga tersebut mengajukan banding atas putusan tersebut pada tahun 2014 di hadapan Mahkamah Agung Israel, yang menolak banding tersebut pada tahun 2015. (AT/RI-1/RS2)

Sumber: The New Arab

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.