201 Mahasiswa Al- Azhar Mesir Raih Penghargaan dari KBRI Kairo

Kairo, MINA – Sebanyak 201 mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan S-1 di Universitas Al Azhar Mesir meraih penghargaan dari KBRI di Kairo. 

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap capaian nilai indeks prestasi akademik terbaik saat studi di universitas Islam ternama di dunia itu.

Berdasarkan keterangan tertulis Kemlu RI yang dikutip MINA, Selasa (18/9), penghargaan diberikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi di Auditorium Markaz Lughah Syech Zayed, Nasr City, Kairo.

Selain piagam, para mahasiswa berprestasi ini juga mendapatkan dana insentif. Bagi 16 orang peraih nilai mumtaz (terbaik/cumlaude) diberikan dana 700 pound Mesir. Sedangkan 185 mahasiswa peraih nilai jayyid jiddan (sangat memuaskan) diberi dana insentif 500 pound Mesir.

Dalam sambutannya, Helmy mengaku bangga melihat capaian mahasiswa Indonesia di Mesir. Menurutnya, mendapatkan nilai akademik tinggi di Universitas Al Azhar terbilang sulit. Apalagi, mahasiswa harus menguasai bahasa arab dengan baik. 

“Tanpa kesungguhan dan keseriusan serta kerja keras yang tidak pernah kenal lelah, semua prestasi tinggi ini tidak akan dapat diraih,” katanya.

Oleh karena itu, Helmy menambahkan bahwa prestasi akademik ini harus bisa dipertahankan. Terlebih, tahun ajaran perkuliahan baru akan segera dimulai. 

“Upayakan agar prestasi ini menular kepada para mahasiswa Indonesia lainnya sehingga mereka mau belajar lebih giat, serta memfokuskan sebagian besar waktu untuk menuntut ilmu,” harapnya.(T/R04/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)