Kota Davao Filipina Bentuk Dewan ‘Sertifikasi Halal’

Logo sertifikasi dunia. (Foto: Arsip)

Kota , , 26 Rajab 1438/23 April 2017 (MINA) – Pemerintah Filipina membentuk Dewan Sertifikasi Halal guna mengawasi dan mengeluarkan label jaminan halal produk makanan lokal daerah itu.

Pembentukan dewan sertifikasi halal di sebuah kota yang sangat tinggi urbanisasinya di Pulau Mindanao tersebut untuk menjamin kehalalan produk makanan lokal di pasar domestik dan global.

Pembetukan dewan itu ditandai dengan keputusan , Sara yang mengeluarkan Perintah Eksekutif No. 12 untuk membuka jalan bagi pembentukan Dewan Pengembangan Industri Halal Kota Davao, demikian Davao Today melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (23/4).

Dalam sebuah keterangan pers belum lama ini, putri Presiden Filipina itu mengatakan, inovasi di seluruh rantai sertifikasi halal ini bisa menjadi pendorong bagi pasar baru dan keuntungan yang lebih besar karena industri halal global dihargai sebesar triliunan dolar.

Dengan ini, Duterte mendesak instansi pemerintah nasional untuk bekerja sama dan menyelaraskan semua upaya untuk meningkatkan pertumbuhan industri halal.

Dengan demikian, walikota wanita pertama dan termuda Kota Davao itu percaya bahwa keputusan pendirian Dewan Sertifikasi Halal ini akan “membantu pemerintah dalam menghasilkan sistem terpadu untuk produksi, sertifikasi dan pemasaran sehingga Filipina dapat memaksimalkan potensi besarnya di Pasar Halal Global.”

Duterte akan menjadi ketua Dewan Pengembangan Industri Halal Kota Davao dan ketua bersamanya adalah Presiden Kamar Dagang dan Industri Islam Mindanao.

Keanggotaan dewan juga mencakup pejabat berbagai lembaga seperti Kantor Urusan Muslim Kota Davao untuk Masalah Syariah Halal; Pusat Investasi dan Promosi Kota Davao (DCIPC) untuk masalah investasi; dan Kongres Pariwisata dari Komite Halal Filipina untuk Pariwisata Halal. (T/R01/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.