Koalisi Saudi Blokir Pesawat Bantuan Kemanusiaan untuk Yaman

Krisis medis di . (Foto: dok. Noonpost.org)

Sanaa, MINA – Sebuah penerbangan PBB yang membawa bantuan ke ibu kota Yaman, diblokir oleh koalisi pimpinan Arab Saudi.

Ahmed Ben Lassoued, Juru Bicara Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, OCHA di Yaman mengatakan, pesawat tersebut membawa pekerja bantuan dan wartawan BBC dari Djibouti ke Sanaa yang dikendalikan oleh pemberontak Houthi.

Namun, penerbangan tersebut dilarang lepas landas dari Djibouti ke Sanaa karena tiga wartawan BBC ada di pesawat.

“Koalisi tersebut mengklaim bahwa keamanan wartawan tidak dapat dijamin di daerah yang dikuasai pemberontak dan menasihati ketiga wartawan tersebut untuk melakukan perjalanan dengan penerbangan komersial,” kata Ben Lassoued pada hari Selasa (18/7). Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Dia sangat menyayangkan bahwa Yaman yang merupakan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia, tidak mendapat perhatian yang cukup oleh media internasional.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi melakukan intervensi dalam konflik Yaman sejak dua tahun lalu untuk mendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi melawan pemberontak Houthi.

Perang di Yaman telah mendorong negara termiskin di dunia Arab itu kepada ambang kelaparan. Wabah kolera dalam beberapa bulan terakhir telah menewaskan lebih dari 1.700 orang. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.