Penulis Yahudi Terkenal Puji Langkah-langkah Erdogan Dalam Masalah Al-Quds

Seorang Penulis Yahudi asal Jerman, Hecht Galinski (Foto: Worldbulletin)

, MINA – Seorang penulis Yahudi asal Jerman, Hecht Galinski mengatakan pada hari Rabu (27/12), langkah-langkah Presiden Turki Recep Tayyip menghadapi krisis (Yerusalem Timur) yang dapat  memberi contoh bagi para pemimpin Muslim lainnya.

“Semua negara Muslim harus mendukung reaksi Erdogan,” tegas Hecht. Seperti disiarkan Worldbulletin dikutip MINA.

“Selama ini anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang menentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, terus berjuang dalam komitmen mereka, konflik ini akan semakin memperkuat sikap Barat dan negara Yahudi. Hal ini berbahaya dan merusak orang-orang Palestina,” ujar Hecht.

Hecht yang juga seorang kritikus vokal atas kebijakan Israel terhadap orang-orang Palestina menambahkan, bagaimanapun, sekitar 1,5 miliar jumlah umat Muslim bisa menjadi kekuatan global, namun ini harus dicapai secara harmonis, bukan dalam konflik.

Erdogan mengadakan pertemuan darurat dengan negara-negara anggota OKI sesaat setelah deklarasi Trump pada 6 Desember dan Turki kemudian memediasi sebuah resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang mengecam keputusan tersebut.

Hecht-Galinski mengatakan bahwa reaksi Erdogan “lebih dari sekadar kebenaran” mengikuti “provokasi luar biasa” Trump.

KTT OKI 13 Desember di Istanbul mengumumkan Al-Quds sebagai ibu kota Palestina, sementara gerakan Majelis Umum membuat negara anggota memilih 128-9 yang mengalahkan AS dan Israel secara telak.

Hecht-Galinski, yang ayahnya memimpin Dewan Pusat Yahudi di Jerman, juga memuji Erdogan karena menentang ancaman Amerika Serikat untuk memotong bantuan ke negara-negara yang mendukung resolusi PBB.

Dia juga mengatakan, keputusan Trump sangat mengerikan, untuk memenuhi janji-janji kampanye kepada orang-orang Yahudi dan Kristen. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.