Jepang Kirim Bantuan dan Tim Penanggulangan Bencana ke Palu

Jakarta, MINA – Pemerintah beserta sekitar 51 personil Tim Penanggulangan Bencana Jepang (JDR) telah tiba di Balikpapan dan akan melakukan pengiriman barang bantuan melalui udara dengan rute Balikpapan-Palu. 

Berdasarkan keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang yang diterima MINA, Jumat (5/10), penerbangan direncanakan akan dimulai pada Sabtu (6/10). 

Sementara dari Japan International Cooperation Agency (), “Bantuan berupa barang kebutuhan penanganan tanggap darurat termasuk 500 buah tenda darurat, 20 unit alat pemurni air, 20.000 flokulan (bahan kimia pengolah limbah) serta 80 unit genset, senilai 3 Miliar rupiah akan dikirimkan ke daerah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami,” jelas pernyataan tersebut.

Adapun bantuan dari Jakarta Japan Club () yang terdiri atas perusahaan Jepang di Indonesia,  telah menyalurkan sumbangan baik berupa bantuan dana maupun barang kebutuhan tanggap darurat melalui Palang Merah Indonesia serta organisasi-organisasi terkait lainnya. Total jumlah yang terkumpul sampai 4 Oktober yakni sejumlah lebih dari 5 miliyar rupiah. 

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii telah bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M Fachir pada Jumat (5/10) di Jakarta, guna menyampaikan laporan status bantuan dari Pemerintah Jepang untuk korban gempa dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala beberapa waktu lalu. 

Ia juga menyampaikan duka dan simpati yang mendalam dari masyarakat dan pemerintah Jepang atas bencana yang terjadi di Palu dan Donggala. “Kami siap untuk selalu memberikan dukungan.” (L/R04/RS3) 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.