ABBAS JADI PM PEMERINTAH BERSATU PALESTINA

Presiden Mahmoud Abbas bertemu dengan pemimpin Hamas Khaled Mashaal di Doha pada 5 Mei 2014 (Reuters / Thaer ghanaim / Handout)

Gaza, 22 Rajab 1435/21 Mei 2014 (MINA) – Pajabat senior Hamas Ahmad Yusuf mengatakan,   sedang dalam tahap pemilihan akhir anggota kabinet  untuk pemerintah persatuan Palestina mendatang, di mana Abbas akan menjadi perdana menteri.

Abbas telah menerima daftar pejabat yang disarankan untuk pemerintah persatuan Palestina dan akan meresmikan pemerintah hasil rekonsiliasi itu pada 29 Mei mendatang, katanya pada Selasa (20/5).

Anggota kabinet akan terdiri dari “15 atau 16” menteri, kata Yusuf, sebagaimana dilaporkan Ma’an yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dia mengatakan, tiga calon nonpartisan telah diusulkan untuk setiap posisi, yang nantinya  akan dipilih salah satu diantara mereka.

Salah satu yang diusulkan untuk menteri luar negeri adalah Ziad Abu Amr, seorang politisi asal Gaza, saat ini menjabat sebagai perdana menteri Otoritas Palestina (PA).

Pejabat Hamas itu  menambahkan, sejumlah pejabat PA  nonpartisan kemungkinan besar telah mendaftar sebagai calon pejabat pada pemerintah bersatu nanti. Namun, tidak ada anggota pemerintah Gaza saat ini yang kemungkinan dipilih, karena mereka berafiliasi dengan Hamas.

Hamas mengatakan pada Ahad (18/5), “pemerintah konsensus” akan diberi nama oleh PLO dan Hamas dalam beberapa hari mendatang.

Hamas menandatangani kesepakatan rekonsiliasi dengan para pejabat di Tepi Barat bulan lalu dalam sebuah langkah mengejutkan yang bertujuan  mengakhiri perpecahan internal Palestina yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0